Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Tentang Sholat Dhuha

Hadist Shahih Tentang Sholat Dhuha. Tahukah Anda jika setiap persendian tubuh kita ternyata memiliki kewajiban untuk bersedekah? Hmm, bagaimana caranya? Menurut ilmu kedokteran, tercatat ada 360 buah persendian dalam tubuh kita. Alamak, banyak sekali! Tenang. Allah tidak akan membebani hamba-Nya dengan hal-hal di luar batas kemampuan kita. Kewajiban masing-masing persendian untuk bersedekah juga mengandung makna yang amat sangat menguntungkan bagi kita. Paling tidak, tiap sendi selalu diingatkan untuk mendekatkan diri pada Yang Kuasa. Nah, keuntungan apa lagi yang lebih besar daripada itu? 

 Hadist Tentang Sholat Dhuha

Cara 360 Persendian Tubuh Bersedekah
Lalu, bagaimana caranya? Ternyata sangat mudah. Anda cukup sholat Dhuha. Ya, sholat Dhuha merupakan sholat yang hukumnya sunnah muakad (sunnah yang sangat dianjurkan) yang dilakukan sejak berakhirnya waktu sholat Subuh hingga datangnya waktu sholat Dhuhur. Banyak orang yang sudah familiar dengan sholat Dhuha namun ternyata hanya sedikit yang mengetahui keutamaanya terutama dalam segi memenuhi kebutuhan sedekah tiap persendian tubuh. Mau tahu bukti tak terbantahkannya? Tengok hadist tentang sholat Dhuha di bawah ini.

Hadist tentang Sholat Dhuha

Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi)

 Keutamaan Sholat Dhuha

Kebutuhan Tercukupi Sampai Akhir Siang
Anda juga harus tahu bahwa ternyata sholat Dhuha memiliki keutamaan lain. Untuk keutamaan sholat Dhuha berikutnya, saya jamin Anda semua pasti akan sangat tertarik. Apa itu? Allah menjanjikan bahwa tiap hamba yang melakukan sholat Dhuha akan tercukupi kebutuhannya dan semua urusannya sampai akhir siang. Bayangkan, dengan sholat Dhuha yang hanya 2 raka’at saja, kebutuhan Anda sampai akhir siang akan terpenuhi. Apakah hal tersebut mencakupi urusan rejeki? Tentu saja! Gampangannya, jika Anda ingin rejeki Anda lancar, rajin-rajinlah sholat Dhuha. Sesimple itu. Titik. Masih perlu bukti? Nih, hadist tentang sholat Dhuha yang mengatakan tentang bagaimana kebutuhan kita akan terpenuhi sampai akhir siang.

KEutamaan Sholat Dhuha

 Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Mendapatkan Pahalah Umrah dan Haji Yang Sempurna
Apakah ada lagi keutamaan sholat Dhuha? Tentu saja ada. Mungkin tidak banyak orang yang tahu, ternyata jika seorang muslim melaksanakan sholat Dhuha, muslim tersebut akan mendapatkan pahalah umrah dan haji secara SEMPURNA. Bayangkan! Orang lain susah-susah mengumpulkan uang puluhan juta untuk pergi ke Mekkah dan melaksanakan ibadah umrah atau haji yang (maaf) belum tentu mabrur, eh, ternyata Anda bisa mendapatkan pahala dengan jumlah yang serupa dan sudah dijamin dalam jumlah yang sempurna jika Anda melaksanakan sholat Dhuha. Tentunya, sholat Dhuhanya harus khusyuk dan memenuhi kaidah syariat dan ibadah ya? Kasarannya, jika Anda sudah menunaikan sholat Dhuha, Anda sebenarnya bisa menempatkan gelar Haji atau Hajah di depan nama Anda. Untuk lebih afdholnya, yuk kita lihat hadist tentang sholat Dhuha yang membuktikan pahala sholat Dhuha itu sepadan dengan pahala haji dan umrah yang sempurna.

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Bagaimana dengan penjelasan tentang sholat Dhuha di atas? Hanya dengan meluangkan waktu yang tidak seberapa dengan melaksanakan sholat dua raka’at saja, ternyata keuntungannya sangat banyak. Masihkah Anda enggan melaksanakannya?

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hadist Shahih Tentang Sholat Dhuha

0 komentar:

Posting Komentar