Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Jadwal Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah

Puasa Ramadhan 2016/1437 HijriahBulan puasa merupakan salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, bulan puasa memiliki banyak hal unik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakatnya. Tak hanya tradisi seperti bedug, muratal Al-Quran dan pemberian takjil dan makanan selepas sholat tarawih, hal-hal seperti menjamurnya pedagang makanan dan tradisi buka puasa bersama menjadi daya pikat tersendiri yang dimiliki oleh bulan penuh ampunan ini. Oleh karenanya, tak ada salahnya bagi kaum muslim untuk menyambut jadwal puasa Ramadhan 2016/1437 H dengan suka cita. Namun, menyambut bulan suci Ramadhan belum lengkap apabila Anda tidak mengetahui esensi dan dasar hukum dari ibadah puasa itu sendiri. Maka, ada baiknya Anda menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini dengan menambah ilmu agama Anda.



Jadwal Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah
Jadwal Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah


Awal Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah


Berdasarkan hasil hisab hakik wujudul hilal , PP Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan 1437 Hijriah (H)  jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016 Masehi (M). Sedangkan 1 Syawal 1434 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016 M. Dan 1 Zulhijah 1437 H jatuh pada Sabtu, 3 September 2016 M.
Puasa wajib di bulan Ramadhan diwajibkan dengan dasar hukum yang ada pada surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
‘Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.’

Ayat ini menjelaskan mengenai betapa pentingnya puasa Ramadhan agar umat muslim dapat meningkatkan ketaqwaannya. Selain itu, dengan ayat ini maka setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadhan sebagai suatu kewajiban. Ayat ini juga menjelaskan bahwa puasa telah diperintahkan kepada umat muslim terdahulu agar umat muslim saat ini dapat mencontohnya.


Ayat tersebut tentu membuat Anda menjadi lebih bersemangat untuk menyambut jadwal puasa Ramadhan 2016/1437 H bukan? Tak hanya ayat Al-Quran, kewajiban umat muslim untuk berpuasa juga dijelaskan dalam salah satu hadits yang shahih dari Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda yang artinya:
بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ
“Islam dibangun di atas lima (perkara, pondasi): Syahadat Lâ Ilâha Illallâh wa Anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasûluhu, mendirikan shalat, me­ngeluarkan zakat, berhaji ke Rumah Allah, dan berpuasa Ramadhan.”

Hadist Pentingnya Puasa Wajib di Bulan Ramadhan

Di hadits lain, Rasulullah kembali menegaskan pentingnya puasa wajib di bulan Ramadhan, termasuk di dalamnya adalah jadwal puasa Ramadhan 2016/1437 H yang kian dekat. Dalam hadits dari Thalhah bin Ubaidullah radhiyallâhu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Al-Bukhâry dan Muslim, ketika seorang A’raby bertanya kepada Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam tentang Islam, beliau bersabda,
خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِى الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ . فَقَالَ هَلْ عَلَىَّ غَيْرُهُنَّ قَالَ : لاَ. إِلاَّ أَنْ تَطَّوَّعَ وَصِيَامُ شَهْرِ رَمَضَانَ . فَقَالَ هَلْ عَلَىَّ غَيْرُهُ فَقَالَ : لاَ. إِلاَّ أَنْ تَطَّوَّعَ . وَذَكَرَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الزَّكَاةَ فَقَالَ هَلْ عَلَىَّ غَيْرُهَا قَالَ : لاَ. إِلاَّ أَنْ تَطَّوَّعَ . قَالَ فَأَدْبَرَ الرَّجُلُ وَهُوَ يَقُولُ وَاللَّهِ لاَ أَزِيدُ عَلَى هَذَا وَلاَ أَنْقُصُ مِنْهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَفْلَحَ إِنْ صَدَقَ .
“Shalat lima waktu (diwajibkan) dalam sehari dan semalam.” Maka, ia berkata, “Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah. Juga puasa Ramadhan.” Maka, ia berkata, “Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah,” dan Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam menyebutkan (kewajiban) zakat terhadapnya. Maka, ia berkata, ‘Apakah ada kewajiban lain terhadapku?’ Beliau menjawab, ‘Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah.” Kemudian, orang tersebut pergi seraya berkata, “Demi Allah, saya tidak akan menambah di atas hal ini dan tidak akan menguranginya.’ Maka, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ia telah beruntung apabila jujur.’


Mempersiapkan diri Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah

Hadits-hadits di atas menerangkan kepada umat muslim pentingnya puasa bulan Ramadhan. Oleh karenanya, dalam menyambut puasa Ramadhan 2016/1437 H ini Anda harus mempersiapkan diri sehingga Anda siap melakukan ibadah puasa dengan optimal. Salah satunya adalah dengan melunasi hutang puasa Anda tahun lalu agar catatan hutang puasa Anda bersih.

Melunasi hutang puasa dan menambah amalan-amalan Sunnah juga merupakan hal yang penting Anda lakukan untuk menyambut puasa Ramadhan 2016/1437 H yang akan segera datang. Hal ini wajib hukumnya karena setiap hari yang dihabiskan dalam bulan Ramadhan merupakan hari-hari yang harus dipenuhi dengan amalan puasa Anda. Memperbanyak sholat sunah dan membaca Al-Quran juga dapat membuat diri Anda lebih siap menghadapi bulan suci yang akan segera datang.


puasa ramadhan 2016 jatuh pada tanggal
ramadhan 2016 jatuh pada tanggal
kalender 2016
pengertian puasa ramadhan
makalah puasa ramadhan
yang membatalkan puasa ramadhan
niat puasa ramadhan

keutamaan puasa ramadhan


loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jadwal Puasa Ramadhan 2016/1437 Hijriah

0 komentar:

Posting Komentar