Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Iman Arab dan Artinya Bagian 5

Kitab: Iman

Hadist IslamBab  Pertanyaan  malaikat  Jibril  kepada  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  salam  tentang iman, Islam, Ihsan dan pengetahuan akan hari kiamat.

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا أَبُو حَيَّانَ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارِزًا يَوْمًا لِلنَّاسِ فَأَتَاهُ جِبْرِيلُ فَقَالَ مَا الْإِيمَانُ قَالَ الْإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَبِلِقَائِهِ وَرُسُلِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ قَالَ مَا الْإِسْلَامُ قَالَ الْإِسْلَامُ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ وَلَا تُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ وَتُؤَدِّيَ الزَّكَاةَ الْمَفْرُوضَةَ وَتَصُومَ رَمَضَانَ قَالَ مَا الْإِحْسَانُ قَالَ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ قَالَ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنْ السَّائِلِ وَسَأُخْبِرُكَ عَنْ أَشْرَاطِهَا إِذَا وَلَدَتْ الْأَمَةُ رَبَّهَا وَإِذَا تَطَاوَلَ رُعَاةُ الْإِبِلِ الْبُهْمُ فِي الْبُنْيَانِ فِي خَمْسٍ لَا يَعْلَمُهُنَّ إِلَّا اللَّهُ ثُمَّ تَلَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ { إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ } الْآيَةَ ثُمَّ أَدْبَرَ فَقَالَ رُدُّوهُ فَلَمْ يَرَوْا شَيْئًا فَقَالَ هَذَا جِبْرِيلُ جَاءَ يُعَلِّمُ النَّاسَ دِينَهُمْ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ جَعَلَ ذَلِك كُلَّهُ مِنْ الْإِيمَانِ
48.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Musaddad  berkata,  Telah  menceritakan  kepada  kami Isma'il  bin  Ibrahim  telah  mengabarkan  kepada  kami  Abu  Hayyan  At  Taimi  dari  Abu  Zur'ah dari  Abu  Hurairah berkata;  bahwa  Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam pada  suatu  hari muncul kepada  para  sahabat,  lalu  datang  Malaikat  Jibril  'Alaihis  Salam  yang  kemudian  bertanya: "Apakah iman itu?" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Iman adalah kamu beriman kepada  Allah,  malaikat-malaikat-Nya,  kitab-kitab-Nya,  pertemuan  dengan-Nya,  Rasul-Rasul-Nya,  dan  kamu  beriman  kepada  hari  berbangkit".  (Jibril  'Alaihis  salam)  berkata:  "Apakah Islam  itu?"  Jawab  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam:  "Islam  adalah  kamu  menyembah  Allah dan  tidak  menyekutukannya  dengan  suatu  apapun,  kamu  dirikan  shalat,  kamu  tunaikan zakat  yang  diwajibkan,  dan  berpuasa  di  bulan  Ramadlan".  (Jibril  'Alaihis  salam)  berkata: "Apakah  ihsan  itu?"  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  menjawab:  "Kamu  menyembah  Allah
seolah-olah  melihat-Nya  dan  bila  kamu  tidak  melihat-Nya  sesungguhnya  Dia  melihatmu". (Jibril  'Alaihis  salam)  berkata  lagi:  "Kapan  terjadinya  hari  kiamat?"  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam menjawab: "Yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari yang bertanya. Tapi aku akan  terangkan  tanda-tandanya;  (yaitu);  jika  seorang  budak  telah  melahirkan  tuannya,  jika para  penggembala  unta  yang  berkulit  hitam  berlomba-lomba  membangun  gedung-gedung selama  lima  masa,  yang  tidak  diketahui  lamanya  kecuali  oleh  Allah".  Kemudian  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  membaca:  "Sesungguhnya  hanya  pada  Allah  pengetahuan tentang hari  kiamat" (QS.  Luqman: 34).  Setelah itu Jibril 'Alaihis salam pergi, kemudian Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  berkata;  "hadapkan  dia  ke  sini."  Tetapi  para  sahabat  tidak melihat sesuatupun, maka Nabi bersabda; "Dia adalah Malaikat Jibril datang kepada manusia untuk  mengajarkan  agama  mereka."  Abu  Abdullah  berkata:  "Semua  hal  yang  diterangkan Beliau shallallahu 'alaihi wasallam dijadikan sebagai iman.

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ حَمْزَةَ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ صَالِحٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سُفْيَانَ بْنُ حَرْبٍ أَنَّ هِرَقْلَ قَالَ لَهُ سَأَلْتُكَ هَلْ يَزِيدُونَ أَمْ يَنْقُصُونَ فَزَعَمْتَ أَنَّهُمْ يَزِيدُونَ وَكَذَلِكَ الْإِيمَانُ حَتَّى يَتِمَّ وَسَأَلْتُكَ هَلْ يَرْتَدُّ أَحَدٌ سَخْطَةً لِدِينِهِ بَعْدَ أَنْ يَدْخُلَ فِيهِ فَزَعَمْتَ أَنْ لَا وَكَذَلِكَ الْإِيمَانُ حِينَ تُخَالِطُ بَشَاشَتُهُ الْقُلُوبَ لَا يَسْخَطُهُ أَحَدٌ
49.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ibrahim  bin  Hamzah  berkata,  telah  menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'd dari Shalih dari Ibnu Syihab dari Ubaidillah bin Abdullah bahwa Abdullah  bin  'Abbas  mengabarkan  kepadanya,  bahwa  dia  berkata;  telah  mengabarkan kepadaku  Abu  Sufyan  bin  Harb  bahwa  Heraqlius  berkata  kepadanya:  "Aku  sudah  bertanya kepadamu, apakah  jumlah mereka  bertambah atau berkurang? Maka  kamu bertutur  bahwa mereka bertambah, dan  memang  begitulah iman  akan terus  berkembang hingga sempurna. Dan  aku  bertanya  kepadamu,  apakah  ada  orang  yang  murtad  karena  dongkol  pada agamanya? Kemudian kamu  bertutur;  tidak  ada, maka begitu  juga iman bila sudah tumbuh bersemi dalam hati tidak akan ada yang dongkol kepadanya".
 
Bab: Keutamaan orang yang memelihara agamanya

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ عَنْ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشَبَّهَاتٌ لَا يَعْلَمُهَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ فَمَنْ اتَّقَى الْمُشَبَّهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ كَرَاعٍ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَهُ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلَا إِنَّ حِمَى اللَّهِ فِي أَرْضِهِ مَحَارِمُهُ أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ
50.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Nu'aim  Telah  menceritakan  kepada  kami  Zakaria dari 'Amir berkata; aku mendengar An Nu'man bin Basyir berkata; aku mendengar Rasulullah shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda:  "Yang  halal  sudah  jelas  dan  yang  haram  juga  sudah jelas.  Namun  diantara  keduanya  ada  perkara  syubhat  (samar)  yang  tidak  diketahui  oleh banyak  orang.  Maka  barangsiapa  yang  menjauhi  diri  dari  yang  syubhat  berarti  telah memelihara  agamanya  dan  kehormatannya.  Dan  barangsiapa  yang  sampai  jatuh (mengerjakan)  pada  perkara-perkara  syubhat,  sungguh  dia  seperti  seorang  penggembala yang  menggembalakan  ternaknya  di  pinggir  jurang  yang  dikhawatirkan  akan  jatuh  ke dalamnya.  Ketahuilah  bahwa  setiap  raja  memiliki  batasan,  dan  ketahuilah  bahwa  batasan larangan  Allah  di  bumi-Nya  adalah  apa-apa  yang  diharamkan-Nya.  Dan  ketahuilah  pada setiap tubuh ada segumpal darah yang apabila baik maka baiklah tubuh tersebut dan apabila rusak maka rusaklah tubuh tersebut. Ketahuilah, ia adalah hati".
Bab:  Menunaikan  pembagian  seperlima  bagian  ghanimah  merupakan  bagian  dari iman

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ كُنْتُ أَقْعُدُ مَعَ ابْنِ عَبَّاسٍ يُجْلِسُنِي عَلَى سَرِيرِهِ فَقَالَ أَقِمْ عِنْدِي حَتَّى أَجْعَلَ لَكَ سَهْمًا مِنْ مَالِي فَأَقَمْتُ مَعَهُ شَهْرَيْنِ ثُمَّ قَالَ إِنَّ وَفْدَ عَبْدِ الْقَيْسِ لَمَّا أَتَوْا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ الْقَوْمُ أَوْ مَنْ الْوَفْدُ قَالُوا رَبِيعَةُ قَالَ مَرْحَبًا بِالْقَوْمِ أَوْ بِالْوَفْدِ غَيْرَ خَزَايَا وَلَا نَدَامَى فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا لَا نَسْتَطِيعُ أَنْ نَأْتِيكَ إِلَّا فِي الشَّهْرِ الْحَرَامِ وَبَيْنَنَا وَبَيْنَكَ هَذَا الْحَيُّ مِنْ كُفَّارِ مُضَرَ فَمُرْنَا بِأَمْرٍ فَصْلٍ نُخْبِرْ بِهِ مَنْ وَرَاءَنَا وَنَدْخُلْ بِهِ الْجَنَّةَ وَسَأَلُوهُ عَنْ الْأَشْرِبَةِ فَأَمَرَهُمْ بِأَرْبَعٍ وَنَهَاهُمْ عَنْ أَرْبَعٍ أَمَرَهُمْ بِالْإِيمَانِ بِاللَّهِ وَحْدَهُ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْإِيمَانُ بِاللَّهِ وَحْدَهُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءُ الزَّكَاةِ وَصِيَامُ رَمَضَانَ وَأَنْ تُعْطُوا مِنْ الْمَغْنَمِ الْخُمُسَ وَنَهَاهُمْ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ الْحَنْتَمِ وَالدُّبَّاءِ وَالنَّقِيرِ وَالْمُزَفَّتِ وَرُبَّمَا قَالَ الْمُقَيَّرِ وَقَالَ احْفَظُوهُنَّ وَأَخْبِرُوا بِهِنَّ مَنْ وَرَاءَكُمْ
51. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Ja'di berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'bah  dari  Abu  Jamrah  berkata:  aku  pernah  duduk  bersama  Ibnu  'Abbas  saat  dia mempersilahkan aku duduk di permadaninya lalu berkata: "Tinggallah bersamaku hingga aku memberimu bagian dari hartaku". Maka aku tinggal mendampingi dia selama dua bulan, lalu berkata:  Ketika  utusan  Abu  Qais  datang  menemui  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  Beliau bertanya kepada mereka:  "Kaum  manakah ini atau utusan siapakah ini? Mereka menjawab: "Rabi'ah!" Beliau shallallahu  'alaihi wasallam  bersabda:  "selamat  datang wahai para  utusan dengan  sukarela  dan  tanpa  menyesal".  para  utusan  itu  berkata:  "ya  Rasulullah,  kami  tidak dapat mendatangimu kecuali di bulan suci, karena antara kami dan engkau ada suku Mudlor yang kafir. Oleh karena itu ajarkanlah kami dengan satu pelajaran yang jelas yang dapat kami amalkan  dan dapat  kami ajarkan kepada  orang-orang di kampung kami, yang dengan  begitu kami  dapat  masuk  surga."  kemudian  mereka  bertanya  kepada  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam tentang  minuman, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan  mereka dengan  empat  hal  dan  melarang  dari  empat  hal,  memerintahkan  mereka  untuk  beriman kepada  Allah  satu-satunya,  kemudian  bertanya:  "Tahukah  kalian  apa  arti  beriman  kepada Allah satu-satunya?" Mereka menjawab: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui." Nabi shallallahu  'alaihi wasallam  menjelaskan:  Persaksian  tidak  ada  ilah  kecuali  Allah  dan  bahwa Muhammad  adalah  utusan  Allah,  menegakkan  shalat,  menunaikan  zakat,  berpuasa  pada bulan  Ramadlan  dan  mengeluarkan  seperlima  dari  harta  rampasan  perang".  Dan  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  melarang  mereka  dari  empat  perkara,  yaitu  janganlah  kalian meminum  sesuatu  dari  al  hantam,  ad  Dubbaa`,  an  naqir  dan  al  Muzaffaat.  Atau  Beliau shallallahu  'alaihi  wasallam  menyebut  muqoyyir  (bukan  naqir).  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam bersabda: "jagalah semuanya dan beritahukanlah kepada orang-orang di kampong kalian".

Bab:  Sesungguhnya  amal  itu  bergantung  dengan niat dan  pengharapan,  dan  setiap mukmin akan mendapatkan sesuai dengan niatnya

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
52.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abdullah  bin  Maslamah  berkata,  telah  mengabarkan kepada  kami  Malik  dari  Yahya  bin  Sa'id  dari  Muhammad  bin  Ibrahim  dari  Alqamah  bin Waqash  dari  Umar,  bahwa  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda:  "Semua perbuatan  tergantung  niatnya,  dan  (balasan)  bagi  tiap-tiap  orang  (tergantung)  apa  yang diniatkan;  barangsiapa  niat  hijrahnya  karena  Allah  dan  Rasul-Nya,  maka  hijrahnya  adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat  hijrahnya  karena  dunia  yang  ingin  digapainya atau  karena seorang  perempuan  yang  ingin  dinikahinya, maka hijrahnya adalah  kepada  apa dia diniatkan.".
 
حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَدِيُّ بْنُ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ يَزِيدَ عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَنْفَقَ الرَّجُلُ عَلَى أَهْلِهِ يَحْتَسِبُهَا فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ
53.  Telah menceritakan  kepada kami  Hajjaj  bin  Minhal  berkata,  telah menceritakan  kepada kami  Syu'bah  berkata,  telah  mengabarkan  kepadaku  'Adi  bin  Tsabit  berkata:  Aku  pernah mendengar Abdullah bin Yazid dari Abu Mas'ud dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,  beliau bersabda:  "Apabila  seseorang  memberi  nafkah  untuk  keluarganya  dengan  niat  mengharap pahala maka baginya Sedekah".

حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ نَافِعٍ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي عَامِرُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً تَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ عَلَيْهَا حَتَّى مَا تَجْعَلُ فِي فَمِ امْرَأَتِكَ
54. Telah menceritakan kepada kami Al Hakam bin Nafi' berkata, telah me ngabarkan kepada kami Syu'aib dari Az  Zuhri berkata, telah menceritakan kepadaku 'Amir bin Sa'd dari Sa'd bin Abu  Waqash  bahwasanya  dia  mengabarkan,  bahwa  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam bersabda:  "Sesungguhnya,  tidaklah  kamu  menafkahkan  suatu  nafkah  yang  dimaksudkan mengharap  wajah  Allah  kecuali  kamu  akan  diberi  pahala  termasuk  sesuatu  yang  kamu suapkan ke mulut istrimu".

Bab: Agama adalah nasehat (loyalitas) kepada Allah,Rasul-Nya dan para pemimpin.

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنِي قَيْسُ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ بَايَعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى إِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالنُّصْحِ لِكُلِّ مُسْلِمٍ
55.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Musaddad  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Yahya  dari  Isma'il  berkata,  telah  menceritakan  kepadaku  Qais  bin  Abu  Hazim  dari  Jarir  bin Abdullah berkata:  "Aku telah  membai'at Rasulullah  untuk  menegakkan  shalat,  menunaikan zakat dan menasehati kepada setiap muslim".

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ قَالَ سَمِعْتُ جَرِيرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ يَوْمَ مَاتَ الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ قَامَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَقَالَ عَلَيْكُمْ بِاتِّقَاءِ اللَّهِ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَالْوَقَارِ وَالسَّكِينَةِ حَتَّى يَأْتِيَكُمْ أَمِيرٌ فَإِنَّمَا يَأْتِيكُمْ الْآنَ ثُمَّ قَالَ اسْتَعْفُوا لِأَمِيرِكُمْ فَإِنَّهُ كَانَ يُحِبُّ الْعَفْوَ ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّي أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ أُبَايِعُكَ عَلَى الْإِسْلَامِ فَشَرَطَ عَلَيَّ وَالنُّصْحِ لِكُلِّ مُسْلِمٍ فَبَايَعْتُهُ عَلَى هَذَا وَرَبِّ هَذَا الْمَسْجِدِ إِنِّي لَنَاصِحٌ لَكُمْ ثُمَّ اسْتَغْفَرَ وَنَزَلَ
56.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  An  Nu'man  berkata,  telah  menceritakan  kepada kami Abu 'Awanah dari Ziyad bin 'Alaqah berkata; saya mendengar Jarir bin Abdullah berkata ketika  Al  Mughirah bin Syu'bah meninggal, sambil berdiri dia memuji Allah dan  mensucikan- Nya,  berkata:  "Wajib  atas  kalian  bertakwa  kepada  Allah  satu-satunya  dan  tidak menyekutukannya,  dan  dengan  penuh  ketundukan  dan  ketenangan  sampai  dating pemimpin  pengganti,  dan  sekarang  datang  penggantinya,  "  kemudian  dia  berkata: "Mintakanlah  maaf  kepada  Allah  Subhanahu  wa  Ta'ala  buat  pemimpin  kalian  ini  (Al Mughirah),  karena dia  suka memberi maaf." Lalu berkata: "Amma ba'du, sesungguhnya aku mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian aku berkata: "Aku membai'at engkau untuk Islam". Lalu Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  memberi  syarat  dan menasehati kepada setiap  muslim,  maka  aku  membai'at  Beliau  untuk perkara  itu,  dan  demi  Pemilik  Masjid  ini, sungguh  aku  akan  selalu  memberi  nasihat  kepada  kalian"  Kemudian  dia  beristighfar  lalu turun dari mimbar.
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Iman Arab dan Artinya Bagian 5

0 komentar:

Posting Komentar