Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 3

Kitab: Shalat

Hadist Islam - Bab: Dalam berapa lembar pakaian seharusnya wanita melaksanakan shalat?

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ لَقَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الْفَجْرَ فَيَشْهَدُ مَعَهُ نِسَاءٌ مِنْ الْمُؤْمِنَاتِ مُتَلَفِّعَاتٍ فِي مُرُوطِهِنَّ ثُمَّ يَرْجِعْنَ إِلَى بُيُوتِهِنَّ مَا يَعْرِفُهُنَّ أَحَدٌ

359.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Al  Yaman  berkata,  telah  mengabarkan  kepada kami  Syu'aib  dari  Az  Zuhri  berkata,  telah  mengabarkan  kepadaku  'Urwah  bahwa  'Aisyah berkata,  "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat  fajar  dan  ikut  juga  wanita-wanita Mu'minat  yang  wajahnya  tertutup  dengan  kerudung,  kemudian  kembali  ke  rumah  mereka masing-masing tanpa diketahui oleh seorangpun."

Bab:  Jika  seseorang  shalat  dengan  pakaian  yang  ada  gambanya  lalu  dia memperhatikan gambar tersebut

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي خَمِيصَةٍ لَهَا أَعْلَامٌ فَنَظَرَ إِلَى أَعْلَامِهَا نَظْرَةً فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ اذْهَبُوا بِخَمِيصَتِي هَذِهِ إِلَى أَبِي جَهْمٍ وَأْتُونِي بِأَنْبِجَانِيَّةِ أَبِي جَهْمٍ فَإِنَّهَا أَلْهَتْنِي آنِفًا عَنْ صَلَاتِي وَقَالَ هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُنْتُ أَنْظُرُ إِلَى عَلَمِهَا وَأَنَا فِي الصَّلَاةِ فَأَخَافُ أَنْ تَفْتِنَنِي

360. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus berkata, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'd berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab dari 'Urwah dari'Aisyah  bahwa  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat  di  atas  kain  yang  bergambar.  Lalu beliau  melihat  kepada  gambar  tersebut.  Selesai  shalat  beliau  berkata:  "Pergilah  dengan membawa  kain  ini  kepada  Abu  Jahm  dan  gantilah  dengan  pakaian  polos  dari  Abu  Jahm.
Sungguh kain ini tadi telah mengganggu shalatku." Hisyam bin 'Urwah berkata dari Bapaknya dari  'Aisyah  berkata,  "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda:  "Aku  melihat  pada gambarnya dan aku khawatir gambar itu menggangguku."

Bab:  Jika  seseorang  shalat d engan pakaian  yang  ada salibnya  atau  gambar,  apakah dapat merusak shalatnya?.Apa yang terlarang b erkaitan masalah ini?

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ كَانَ قِرَامٌ لِعَائِشَةَ سَتَرَتْ بِهِ جَانِبَ بَيْتِهَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمِيطِي عَنَّا قِرَامَكِ هَذَا فَإِنَّهُ لَا تَزَالُ تَصَاوِيرُهُ تَعْرِضُ فِي صَلَاتِي

361.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Ma'mar  'Abdullah  bin  'Amru  berkata,  telah menceritakan  kepada  kami  'Abdul  Warits  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari Anas bin Malik, bahwa kain tipis milik 'Aisyah digunakan untuk gorden, Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  lalu  bersabda:  "Singkirkanlah  kain  ini  dari  kita,  karena gambar-bambarnya selalu menggangguku dalam shalatku."

Bab: Shalat mengenakan baju luar yang terbuat dari sutera lalu menanggalkannya

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ أُهْدِيَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرُّوجُ حَرِيرٍ فَلَبِسَهُ فَصَلَّى فِيهِ ثُمَّ انْصَرَفَ فَنَزَعَهُ نَزْعًا شَدِيدًا كَالْكَارِهِ لَهُ وَقَالَ لَا يَنْبَغِي هَذَا لِلْمُتَّقِينَ

362.  Telah menceritakan  kepada kami 'Abdullah bin Yusuf  telah menceritakan  kepada  kami Al  Laits  dari  Yazid  bin  Abu  Habib  dari  Abu  Al  Khair  dari  'Uqbah  bin  'Amir  berkata,  "Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  diberi  hadiah  berupa  kain  yang  terbuat  dari  sutra,  lalu  beliau memakainya dan shalat. Setelah selesai, beliau menyingkirkannya dengan keras seakan tidak suka, beliau bersabda: "Ini tidak patut bagi orang yang bertakwa."

Bab: Shalat mengenakan b aju berwarna merah

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ قَالَ حَدَّثَنِي عُمَرُ بْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ عَوْنِ بْنِ أَبِي جُحَيْفَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي قُبَّةٍ حَمْرَاءَ مِنْ أَدَمٍ وَرَأَيْتُ بِلَالًا أَخَذَ وَضُوءَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَأَيْتُ النَّاسَ يَبْتَدِرُونَ ذَاكَ الْوَضُوءَ فَمَنْ أَصَابَ مِنْهُ شَيْئًا تَمَسَّحَ بِهِ وَمَنْ لَمْ يُصِبْ مِنْهُ شَيْئًا أَخَذَ مِنْ بَلَلِ يَدِ صَاحِبِهِ ثُمَّ رَأَيْتُ بِلَالًا أَخَذَ عَنَزَةً فَرَكَزَهَا وَخَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ مُشَمِّرًا صَلَّى إِلَى الْعَنَزَةِ بِالنَّاسِ رَكْعَتَيْنِ وَرَأَيْتُ النَّاسَ وَالدَّوَابَّ يَمُرُّونَ مِنْ بَيْنِ يَدَيْ الْعَنَزَةِ

363.  Telah  menceritakan kepada kami Muhammad bin  'Ar'arah berkata, telah menceritakan kepadaku  'Umar  bin  Abu  Za'idah  dari  'Aun  bin  Abu  Juhaifah  dari  Bapaknya  berkata,  "Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berada dalam kemah merah yang terbuat dari kulit  yang disamak. Dan aku lihat Bilal mengambilkan  air  wudlu untuk Rasulullah  shallallahu 'alaihi  wasallam,  dan  aku  lihat  orang-orang  saling  berebut  air  tersebut.  Orang  yang mendapatkanya  maka  ia  langsung  mengusapkannya,  dan  bagi  yang  tidak  maka  ia mengambilnya  dari  dari  tangan  temannya  yang  basah.  Kemudian  aku  lihat  Bilal  mengambil tombak  kecil  dan  menancapkannya  di  tanah,  lalu  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  keluar dengan mengenakan pakaian merah menghadap ke arah tombak kecil dan memimpin orang- orang  shalat  sebanyak  dua  raka'at. Dan  aku  lihat  orang-orang  dan  hewan berlalu  melewati depan tombak tersebut."

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 2

Bab: Shalat di atap, di atas mimpar dan atau di atas kayu

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو حَازِمٍ قَالَ سَأَلُوا سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ الْمِنْبَرُ فَقَالَ مَا بَقِيَ بِالنَّاسِ أَعْلَمُ مِنِّي هُوَ مِنْ أَثْلِ الْغَابَةِ عَمِلَهُ فُلَانٌ مَوْلَى فُلَانَةَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَامَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ عُمِلَ وَوُضِعَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ كَبَّرَ وَقَامَ النَّاسُ خَلْفَهُ فَقَرَأَ وَرَكَعَ وَرَكَعَ النَّاسُ خَلْفَهُ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ ثُمَّ رَجَعَ الْقَهْقَرَى فَسَجَدَ عَلَى الْأَرْضِ ثُمَّ عَادَ إِلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ رَكَعَ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ ثُمَّ رَجَعَ الْقَهْقَرَى حَتَّى سَجَدَ بِالْأَرْضِ فَهَذَا شَأْنُهُ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ سَأَلَنِي أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَحِمَهُ اللَّهُ عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ فَإِنَّمَا أَرَدْتُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَعْلَى مِنْ النَّاسِ فَلَا بَأْسَ أَنْ يَكُونَ الْإِمَامُ أَعْلَى مِنْ النَّاسِ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ فَقُلْتُ إِنَّ سُفْيَانَ بْنَ عُيَيْنَةَ كَانَ يُسْأَلُ عَنْ هَذَا كَثِيرًا فَلَمْ تَسْمَعْهُ مِنْهُ قَالَ لَا

364.  Telah menceritakan  kepada kami 'Ali bin 'Abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami  Sufyan  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Hazim  berkata,  "Orang-orang bertanya  kepada  Sahal  bin  Sa'd  tentang  terbuat  dari  apa  mimbar  Rasulullah?  Maka  dia berkata, "Tidak ada seorangpun  yang masih  hidup dari para  sahabat yang  lebih mengetahui masalah  ini  selain  aku.  Mimbar  itu  terbuat  dari  batang  pohon  hutan  yang  tak  berduri, mimbar  itu  dibuat  oleh  seorang budak  wanita untuk Rasulullah  shallallahu 'alaihi  wasallam. Ketika  selesai  dibuat  dan  diletakkan,  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  berdiri  pada mimbar  tersebut  menghadap  kiblat.  Beliau  bertakbir  dan  orang-orang  pun  ikut  shalat dibelakangnya,  beliau  lalu  membaca  surat  lalu  rukuk,  dan  orang-orang  pun  ikut  rukuk  di
belakangnya.  Kemudian  beliau  mengangkat  kepalanya, lalu  mundur  ke  belakang  turun  dan sujud  di  atas  tanah.  Kemudian  beliau  kembali  ke  atas  mimbar  dan  rukuk,  kemudian mengangkat  kepalnya  lalu  turun  kembali  ke  tanah  pada  posisi  sebelumnya  dan  sujud  di tanah. Itulah keberadaan mimbar." Abu 'Abdullah berkata, 'Ali Al Madini berkata, Ahmad bin Hambal  rahimahullah  bertanya  kepadaku  tentang  hadits  ini.  Ia  katakan,  "Yang  aku maksudkan  bahwa  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  posisinya  lebih  tinggi  daripada  orang- orang.  Maka  tidak  mengapa  seorang  imam  posisinya  lebih  tinggi  daripada  Makmum berdasarkan  hadits  ini."  Sahl  bin  Sa'd  berkata,  "Aku  katakan,  "Sesungguhnya  Sufyan  bin 'Uyainah  sering  ditanya  tentang  masalah  ini,  'Apakah  kamu  tidak  pernah  mendengarnya?  ' Ahmad bin Hambal rahimahullah menjawab, "Tidak."

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ قَالَ أَخْبَرَنَا حُمَيْدٌ الطَّوِيلُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَقَطَ عَنْ فَرَسِهِ فَجُحِشَتْ سَاقُهُ أَوْ كَتِفُهُ وَآلَى مِنْ نِسَائِهِ شَهْرًا فَجَلَسَ فِي مَشْرُبَةٍ لَهُ دَرَجَتُهَا مِنْ جُذُوعٍ فَأَتَاهُ أَصْحَابُهُ يَعُودُونَهُ فَصَلَّى بِهِمْ جَالِسًا وَهُمْ قِيَامٌ فَلَمَّا سَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا وَإِنْ صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا وَنَزَلَ لِتِسْعٍ وَعِشْرِينَ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ آلَيْتَ شَهْرًا فَقَالَ إِنَّ الشَّهْرَ تِسْعٌ وَعِشْرُونَ

365.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muhammad  bin  'Abdurrahim  berkata,  telah menceritakan  kepada  kami  Yazid  bin  Harun  berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami Humaid Ath Thawil dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah terjatuh  dari  kudanya  hingga  mengakibatkan  betisnya  atau  bahunya  terluka.  Maka  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  menjauhi  isteri-isterinya  selama  sebulan.  Beliau  lalu  duduk  di ruangan  yang  agak  tinggi  yang  tangganya  terbuat  dari  kayu.  Para  sahabatnya  lalu mengunjunginya,  Beliau  lalu  shalat  mengimami  mereka  dengan  duduk  sedangkan  para sahabatnya  shalat  dengan  berdiri.  Setelah  salam,  beliau  bersabda:  "Sesungguhnya dijadikannya  imam  itu  untuk  diikuti.  Jika  imam  bertakbir  maka  takbirlah  kalian,  jika  rukuk maka rukuklah kalian, jika sujud maka sujudlah kalian, dan jika ia shalat dengan berdiri maka shalatlah kalian dengan berdiri."  Kemudian Beliau shallallahu  'alaihi  wasallam turun kembali setelah dua  puluh sembilan hari.  Mereka pun  berkata, "Wahai Rasulullah, bukankan engkau mengasingkan  diri  selama  satu  bulan?  Beliau  menjawab:  "Satu  bulan  itu  dua  puluh sembailan hari."

Bab: Jika orang yang shalat ketika sujud pakaiannya menyentuh istrinya

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ عَنْ خَالِدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَدَّادٍ عَنْ مَيْمُونَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي وَأَنَا حِذَاءَهُ وَأَنَا حَائِضٌ وَرُبَّمَا أَصَابَنِي ثَوْبُهُ إِذَا سَجَدَ قَالَتْ وَكَانَ يُصَلِّي عَلَى الْخُمْرَةِ

366.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Musaddad  dari  Khalid  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Sulaiman  Asy  Syaibani  dari  'Abdullah  bin  Syidad  dari  Maimunah  ia  berkata, "Pernah Rasulullah shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat sementara  aku  berada di  sampingnya, dan saat itu aku sedang haid. Dan setiapkali beliau sujud, pakaian beliau mengenai aku. Dan beliau shalat di atas tikar kecil."

Bab: Shalat di atas tikar

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ جَدَّتَهُ مُلَيْكَةَ دَعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِطَعَامٍ صَنَعَتْهُ لَهُ فَأَكَلَ مِنْهُ ثُمَّ قَالَ قُومُوا فَلِأُصَلِّ لَكُمْ قَالَ أَنَسٌ فَقُمْتُ إِلَى حَصِيرٍ لَنَا قَدْ اسْوَدَّ مِنْ طُولِ مَا لُبِسَ فَنَضَحْتُهُ بِمَاءٍ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَفَفْتُ وَالْيَتِيمَ وَرَاءَهُ وَالْعَجُوزُ مِنْ وَرَائِنَا فَصَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ انْصَرَفَ


367.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdullah  bin  Yusuf  berkata,  telah  mengabarkan kepada  kami  Malik  dari  Ishaq  bin  'Abdullah  bin  Abu  Thalhah  dari  Anas  bin  Malik  bahwa neneknya, Mulaikah,  mengundang  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam  untuk  menghadiri hidangan  yang  ia  masak  untuk  beliau.  Beliau  kemudian  menyantap  makanan  tersebut kemudian  bersabda:  "Berdirilah,  aku  akan  pimpin  kalian  shalat."  Anas  berkata,  "Maka  aku berdiri  di  tikar  milik  kami  yang  sudah  lusuh  dan  hitam  akibat  sering  digunakan.  Aku  lalu memercikinya dengan air, kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri diatasnya. Aku dan seorang anak  yatim  lalu membuat barisan di  belakang beliau, sementara  orang tua (nenek)  berdiri  di  belakang  kami.  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  lalu  shalat memimpim kami sebanyak dua rakaat lalu pergi."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 3

0 komentar:

Posting Komentar