Kitab: Shalat
Hadist Islam - Bab: Keutamaan menghadap qiblat dengan menghadapkan jari
jemari kedua kaki
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَبَّاسٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمَهْدِيِّ قَالَ حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ سِيَاهٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى صَلَاتَنَا وَاسْتَقْبَلَ قِبْلَتَنَا وَأَكَلَ ذَبِيحَتَنَا فَذَلِكَ الْمُسْلِمُ الَّذِي لَهُ ذِمَّةُ اللَّهِ وَذِمَّةُ رَسُولِهِ فَلَا تُخْفِرُوا اللَّهَ فِي ذِمَّتِهِ
378. Telah
menceritakan kepada kami 'Amru bin 'Abbas berkata, telah menceritakan kepada kami
Ibnu Al Mahdi berkata, telah menceritakan kepada kami Manshur bin Sa'd dari
Maimun bin Siyah dari
Anas bin Malik
ia berkata, "Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa shalat
seperti shalat kita,
menghadap ke arah
kiblat kita dan
memakan sembilan kita, maka
dia adalah seorang
Muslim, ia memiliki perlindungan
dari Allah dan Rasul-Nya. Maka
janganlah kalian mendurhakai
Allah dengan mencederai
perlindungan- Nya."
حَدَّثَنَا نُعَيْمٌ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيلِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَقُولُوا لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَإِذَا قَالُوهَا وَصَلَّوْا صَلَاتَنَا وَاسْتَقْبَلُوا قِبْلَتَنَا وَذَبَحُوا ذَبِيحَتَنَا فَقَدْ حَرُمَتْ عَلَيْنَا دِمَاؤُهُمْ وَأَمْوَالُهُمْ إِلَّا بِحَقِّهَا وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ قَالَ ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ حَدَّثَنَا أَنَسٌ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ قَالَ سَأَلَ مَيْمُونُ بْنُ سِيَاهٍ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ يَا أَبَا حَمْزَةَ مَا يُحَرِّمُ دَمَ الْعَبْدِ وَمَالَهُ فَقَالَ مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَقْبَلَ قِبْلَتَنَا وَصَلَّى صَلَاتَنَا وَأَكَلَ ذَبِيحَتَنَا فَهُوَ الْمُسْلِمُ لَهُ مَا لِلْمُسْلِمِ وَعَلَيْهِ مَا عَلَى الْمُسْلِمِ
379. Telah menceritakan kepada kami Nu'aim berkata, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Al
Mubarak dari Humaid
Ath Thawil dari
Anas bin Malik
berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Aku diperintah
untuk memerangi manusia
hingga mereka mengucapkan Laa
ilaaha illallah (Tidak
ada Tuhan yang berhak disembah
selain Allah) '. Jika mereka
mengucapkannya kemudian mendirikan
shalat seperti shalat kita,
menghadap ke kiblat kita
dan menyembelih seperti cara kita
menyembelih, maka darah
dan harta mereka haram
(suci) bagi kita
kecuali dengan hak Islam
dan perhitungannya ada
pada Allah." Ibnu Abu Maryam berkata, telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Ayyub telah
menceritakan kepada kami Humaid
telah menceritakan kepada
kami Anas dari
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Dan
'Ali bin 'Abdullah
berkata, telah menceritakan
kepada kami Khalid
bin Al Harits berkata,
telah menceritakan kepada
kami Humaid berkata,
"Maimun bin Siyah bertanya kepada
Anas bin Malik,
"Wahai Abu Hamzah,
apa yang menjadikan
haramnya darah dan harta
seorang hamba?" Ali
menjawab, "Siapa yang
bersaksi Laa ilaaha
illallah (Tidak ada Tuhan
yang berhak disembah
selain Allah), menghadap
ke kiblat kita,
shalat sepeti shalat kita dan memakan sembelihan kita, maka dia adalah
Muslim, baginya hak dan kewajiban
seorang Muslim."
Bab: Arah qiblat bagi penduduk Madinah, Syam dan penduduk
Timur ( dari Ka'bah)
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَتَيْتُمْ الْغَائِطَ فَلَا تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ وَلَا تَسْتَدْبِرُوهَا وَلَكِنْ شَرِّقُوا أَوْ غَرِّبُوا قَالَ أَبُو أَيُّوبَ فَقَدِمْنَا الشَّأْمَ فَوَجَدْنَا مَرَاحِيضَ بُنِيَتْ قِبَلَ الْقِبْلَةِ فَنَنْحَرِفُ وَنَسْتَغْفِرُ اللَّهَ تَعَالَى وَعَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أَيُّوبَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ
380. Telah
menceritakan kepada kami 'Ali bin
'Abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan berkata, telah
menceritakan kepada kami Az Zuhri dari
'Atha' bin Yazid Al Laitsi dari Abu
Ayyub Al Anshari,
bahwa Nabi shallallahu
'alaihi wasallam bersabda:
"Jika kalian mendatangi masuk
ke dalam WC,
maka janganlah kalian
menghadap ke arah
kiblat dan jangan pula
membelakanginya. Tetapi menghadaplah
ke timurnya atau
ke baratnya." Abu Ayyub
berkata, "Ketika kami
datang ke Syam,
kami dapati WC
rumah-rumah di sana dibangun
menghadap kiblat. Maka
kami alihkan dan
kami memohon ampun
kepada Allah Ta'ala." Dan
dari Az Zuhri dari 'Atha berkata, aku mendengar Abu Ayyub dari Nabi shallallahu
'alaihi wasallam seperti ini."
Bab: Firman Allah
"Dan jadikanlah sebagian
dari maqam Ibrahim
sebagai tempat shalat"
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ قَالَ سَأَلْنَا ابْنَ عُمَرَ عَنْ رَجُلٍ طَافَ بِالْبَيْتِ الْعُمْرَةَ وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ أَيَأْتِي امْرَأَتَهُ فَقَالَ قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَطَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا وَصَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ وَطَافَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ وَسَأَلْنَا جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَ لَا يَقْرَبَنَّهَا حَتَّى يَطُوفَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ
381. Telah menceritakan kepada kami Al Humaid berkata, telah menceritakan
kepada kami Sufyan berkata,
telah menceritakan kepada
kami 'Amru bin Dinar
berkata, "Kami pernah bertanya kepada Ibnu 'Umar tentang
seseorang yang thawaf di
Ka'bah untuk 'Umrah tetapi tidak melakukan
sa'i antara Shafa
dan Marwah. Apakah
dia boleh berhubungan
(jima') dengan
isterinya?" Maka Ibnu
'Umar berkata, "Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam
datangMakkah, lalu thawaf mengelilingi Ka'bah tujuh kali, shalat di sisi
Maqam dua rakaat, lalu sa'I antara antara Shafa dan Marwah. Dan
sungguh bagi kalian ada suri tauladan
yang baik pada diri
Rasulullah." Dan kami pernah bertanya kepada
Jabir bin 'Abdullah tentang masalah
ini. Maka ia menjawab,
"Jangan sekali-kali ia
mendekati isterinya hingga
ia melaksanakan sa'I antara bukit Shafa dan Marwah."
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سَيْفٍ يَعْنِي ابْنَ سُلَيْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ مُجَاهِدًا قَالَ أُتِيَ ابْنُ عُمَرَ فَقِيلَ لَهُ هَذَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ الْكَعْبَةَ فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ فَأَقْبَلْتُ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ خَرَجَ وَأَجِدُ بِلَالًا قَائِمًا بَيْنَ الْبَابَيْنِ فَسَأَلْتُ بِلَالًا فَقُلْتُ أَصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْكَعْبَةِ قَالَ نَعَمْ رَكْعَتَيْنِ بَيْنَ السَّارِيَتَيْنِ اللَّتَيْنِ عَلَى يَسَارِهِ إِذَا دَخَلْتَ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى فِي وَجْهِ الْكَعْبَةِ رَكْعَتَيْنِ
382. Telah
menceritakan kepada kami Musaddad berkata,
telah menceritakan kepada kami Yahya
dari Saif -Ibnu
Sulaiman- berkata, aku
mendengar Mujahid berkata,
" Ibnu 'Umar pernah
di datangi dan
ditanya, "Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam masuk
ke dalam Ka'bah. Maka
Ibnu 'Umar berkata,
"Aku lalu mendatangi
Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam, namun beliau telah
keluar, dan aku mendapati Bilal sedang berdiri di antara
dua pintu. Akulalu bertanya kepada Bilal, "Apakah
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat di dalam Ka'bah? Bilal menjawab,
"Ya, dua rakaat antara dua sisi dua tiang sebelah kiri dari arah kamu
masuk, lalu beliau keluar dan shalat menghadap Ka'bah dua rakaat."
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ عَطَاءٍ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ لَمَّا دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَيْتَ دَعَا فِي نَوَاحِيهِ كُلِّهَا وَلَمْ يُصَلِّ حَتَّى خَرَجَ مِنْهُ فَلَمَّا خَرَجَ رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ فِي قُبُلِ الْكَعْبَةِ وَقَالَ هَذِهِ الْقِبْلَةُ
383. Telah menceritakan kepada kami
Ishaq bin Nashr berkata, telah menceritakan
kepada kami Abdurrazaq telah
mengabarkan kepada kami
Ibnu Juraij dari
'Atha' berkata, aku mendengar
Ibnu 'Abbas berkata,
"Ketika Nabi shallallahu
'alaihi wasallam masuk
ke dalam Ka'bah, beliau
berdo'a di seluruh
sisinya dan tidak
melakukan shalat hingga
beliau keluar darinya. Beliau
kemudian shalat dua
rakaat dengan memandang
Ka'bah lalu bersabda: "Inilah kiblat."
Bab: Menghadap qiblat bagaimanapun keadaannya
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ رَجَاءٍ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سِتَّةَ عَشَرَ أَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ أَنْ يُوَجَّهَ إِلَى الْكَعْبَةِ فَأَنْزَلَ اللَّهُ { قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ } فَتَوَجَّهَ نَحْوَ الْكَعْبَةِ وَقَالَ السُّفَهَاءُ مِنْ النَّاسِ وَهُمْ الْيَهُودُ { مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمْ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ } فَصَلَّى مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ ثُمَّ خَرَجَ بَعْدَ مَا صَلَّى فَمَرَّ عَلَى قَوْمٍ مِنْ الْأَنْصَارِ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ نَحْوَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَقَالَ هُوَ يَشْهَدُ أَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَّهُ تَوَجَّهَ نَحْوَ الْكَعْبَةِ فَتَحَرَّفَ الْقَوْمُ حَتَّى تَوَجَّهُوا نَحْوَ الْكَعْبَةِ
384. Telah menceritakan
kepada kami 'Abdullah
bin Raja' berkata,
telah menceritakan kepada kami
Israil dari Abu
Ishaq dari Al
Bara' bin 'Azib?
radliallahu 'anhuma berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam shalat mengahdap Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh
belas bulan, dan
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
menginginkan kiblat tersebut dialihkan
ke arah Ka'bah.
Maka Allah menurunkan
ayat: ("Sungguh Kami
(sering) melihat mukamu menengadah
ke langit) '
(Qs. Al Baqarah:
144). Maka kemudian
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menghadap ke Ka'bah. Lalu berkatalah orang-orang yang kurang akal, yaitu
orang-orang Yahudi: '(Apakah
yang memalingkan mereka
(umat Islam) dari kiblatnya (Baitul
Maqdis) yang dahulu
mereka telah berkiblat
kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah
timur dan barat.
Dia memberi petunjuk
kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke
jalan yang lurus) ' (As.
Al Baqarah: 144). Kemudian ada seseorang yang ikut shalat
bersama Nabi shallallahu
'alaihi wasallam, orang itu
kemudian keluar setelah menyelesikan shalatnya.
Kemudian orang itu
melewati Kaum Anshar
yang sedang melaksanakan shalat
'Ashar dengan menghadap
Baitul Maqdis. Lalu
orang itu bersaksi bahwa dia telah
shalat bersama Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam dengan
menghadap Ka'bah. Maka orang-orang itu pun berputar dan menghadap
Ka'bah."
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ فَإِذَا أَرَادَ الْفَرِيضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ
385. Telah menceritakan
kepada kami Muslim
bin Ibrahim berkata,
telah menceritakan kepada kami
Hisyam bin Abu
'abdullah berkata, telah menceritakan
kepada kami Yahya bin Abu Katsir dari
Muhammad bin 'Abdurrahman dari Jabir
bin 'Abdullah berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam shalat diatas
tunggangannya menghadap kemana
arah tunggangannya
menghadap. Jika Beliau
hendak melaksanakan shalat
yang fardlu, maka beliau turun lalu shalat menghadap
kiblat."
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ قَالَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِبْرَاهِيمُ لَا أَدْرِي زَادَ أَوْ نَقَصَ فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَحَدَثَ فِي الصَّلَاةِ شَيْءٌ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوا صَلَّيْتَ كَذَا وَكَذَا فَثَنَى رِجْلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ فَلَمَّا أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ قَالَ إِنَّهُ لَوْ حَدَثَ فِي الصَّلَاةِ شَيْءٌ لَنَبَّأْتُكُمْ بِهِ وَلَكِنْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي وَإِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ فَلْيُتِمَّ عَلَيْهِ ثُمَّ لِيُسَلِّمْ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ
386. Telah menceritakan
kepada kami 'Utsman
berkata, telah menceritakan
kepada kami Jarir dari
Manshur dari Ibrahim
dari 'Alqamah berkata,
Abdullah berkata, "Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan
shalat." Ibrahim melanjutkan,
"Tapi aku tidak
tahu apakah beliau kelebihan
rakaat atau kurang. Setelah
salam, beliau pun ditanya:
"Wahai Rasulullah, telah
terjadi sesuatu dalam shalat!. Beliau bertanya: "Apakah itu?" Maka
mereka menjawab, "Tuan shalat begini
dan begini." Beliau
kemudian duduk pada
kedua kakinya menghadap kiblat, kemudian
beliau sujud dua
kali, kemudian salam.
Ketika menghadap ke
arah kami, beliau bersabda:
"Seungguhnya bila ada sesuatu yang baru dari shalat pasti aku beritahukan kepada kalian.
Akan tetapi aku
ini hanyalah manusia
seperti kalian yang
bisa lupa sebagaimana kalian juga
bisa lupa, maka jika aku terlupa ingatkanlah. Dan jika seseorang dari kalian ragu
dalam shalatnya maka dia
harus meyakini mana
yang benar, kemudian hendaklah ia sempurnakan, lalu salam
kemudian sujud dua kali."
Bab: Masalah qiblat
dan mereka yang
memandang tidak perlu
mengulang shalat bagi siapa yang
telah shalat namun keliru arah qiblatnya
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَافَقْتُ رَبِّي فِي ثَلَاثٍ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ اتَّخَذْنَا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى فَنَزَلَتْ { وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى } وَآيَةُ الْحِجَابِ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ أَمَرْتَ نِسَاءَكَ أَنْ يَحْتَجِبْنَ فَإِنَّهُ يُكَلِّمُهُنَّ الْبَرُّ وَالْفَاجِرُ فَنَزَلَتْ آيَةُ الْحِجَابِ وَاجْتَمَعَ نِسَاءُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْغَيْرَةِ عَلَيْهِ فَقُلْتُ لَهُنَّ { عَسَى رَبُّهُ إِنْ طَلَّقَكُنَّ أَنْ يُبَدِّلَهُ أَزْوَاجًا خَيْرًا مِنْكُنَّ } فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ و حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ قَالَ حَدَّثَنِي حُمَيْدٌ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا بِهَذَا
387. Telah menceritakan
kepada kami 'Amru
bin 'Aun berkata, telah
menceritakan kepada kami Husyaim
dari Humaid dari
Anas bin Malik
berkata, 'Umar bin
Al Khaththab, "Aku memiliki pemikiran
yang aku ingin
jika itu dikabulkan
oleh Rabbku dalam
tiga persoalan. Maka aku
sampaikan kepada Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam,
'Wahai Rasulullah, seandainya Maqam
Ibrahim kita jadikan
sebagai tempat shalat?
Lalu turunlah ayat:
'(Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim
sebagai tempat shalat) ' (Qs.
Al Baqarah: 125). Yang kedua
tentang hijab. Aku
lalu berkata, 'Wahai
Rasulullah, seandainya Tuan
perintahkan isteri-isteri Tuan
untuk berhijab karena yang berkomunikasi
dengan mereka ada orang yang shalih
dan juga ada yang fajir (suka bermaksiat).' Maka turunlah ayat hijab. Da n yang ketiga, saat isteri-isteri
beliau cemburu kepada
beliau (sehingga banyak
yang membangkang), aku katakan
kepada mereka, 'Semoga
bila Beliau menceraikan
kalian Rabbnya akan menggantinya dengan
isteri-isteri yang lebih
baik dari kalian.'
Maka turunlah ayat
tentang masalah ini." Abu
Abdullah berkata; telah
menceritakan kepada kami
Ibnu Abu Maryam berkata, telah
mengabarkan kepada kami
Yahya bin Ayyub
berkata, telah menceritakan kepadaku Humaid ia berkata, Aku
mendengar Anas seperti hadits ini."
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي جِدَارِ الْقِبْلَةِ مُخَاطًا أَوْ بُصَاقًا أَوْ نُخَامَةً فَحَكَّهُ
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي جِدَارِ الْقِبْلَةِ مُخَاطًا أَوْ بُصَاقًا أَوْ نُخَامَةً فَحَكَّهُ
388. Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik bin Anas dari 'Abdullah bin Dinar dari 'Abdullah bin 'Umar berkata, "Ketika orang-orang shalat subuh di Quba', tiba-tiba datang seorang laki-laki dan berkata, "Sungguh, tadi malam telah turun ayat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau diperintahkan untuk menghadap ke arah Ka'bah. Maka orang-orang yang sedang shalat berputar menghadap Ka'bah, padahal pada saat itu wajah-wajah mereka sedang menghadap negeri Syam. Mereka kemudian berputar ke arah Ka'bah."
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ وَأَبَا سَعِيدٍ حَدَّثَاهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى نُخَامَةً فِي جِدَارِ الْمَسْجِدِ فَتَنَاوَلَ حَصَاةً فَحَكَّهَا فَقَالَ إِذَا تَنَخَّمَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَتَنَخَّمَنَّ قِبَلَ وَجْهِهِ وَلَا عَنْ يَمِينِهِ وَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ أَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ الْيُسْرَى
389. Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Syu'bah dari Al Hakam dari Ibrahim dari 'Alqamah dari 'Abdullah berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah melaksanakan shalat Zhuhur lima rakaat. Maka orang- orang berkata, "Apakah ada tambahan dalam shalat?" Beliau balik bertanya: "Apakah yang terjadi?" Mereka menjawab, "Tuan telah shalat sebanyak lima rakaat." Maka beliau pun duduk di atas kedua kakinya lalu sujud dua kali."
0 komentar:
Posting Komentar