حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ
882. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair berkata, telah menceritakan kepada kami
Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab berkata, telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Al
Musayyab bahwa Abu
Hurairah mengabarkan kepadanya,
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Jika kamu berkata kepada
temanmu pada hari Jum'at 'diamlah', padahal Imam
sedang memberikan khutbah
maka sungguh kamu
sudah berbuat sia-sia (tidak mendapat pahala)."
Bab: Apabila Orang-Orang Meninggalkan Imam Pada Shalat
Jum'at, Maka Shalatnya Imam Bersama Dengan Orang Yang Tersisa Tetap Sah
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا
883. Telah
menceritakan kepada kami 'Abdullah bin
Maslamah dari Malik dari Abu Az Zinad dari
Al A'raj dari Abu Hurairah,
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membicarakan perihal
hari Jum'at. Beliau mengatakan: "Pada hari Jum'at itu ada satu saat,
tidaklah seorang hamba Muslim mengerjakan shalat lalu dia berdo'a tepat pada
saat tersebut melainkan Allah akan
mengabulkan do'anya tersebut." Kemudian
beliau memberi isyarat dengan
tangannya yang menunjukkan sedikitnya saat tersebut."
Bab: Jika manusia
berhamburan keluar meninggalkan
Imam maka shalatnya
imam dengan jamaah yang tersisa dibolehkan
حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ قَالَ حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ أَقْبَلَتْ عِيرٌ تَحْمِلُ طَعَامًا فَالْتَفَتُوا إِلَيْهَا حَتَّى مَا بَقِيَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا }
حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ قَالَ حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ أَقْبَلَتْ عِيرٌ تَحْمِلُ طَعَامًا فَالْتَفَتُوا إِلَيْهَا حَتَّى مَا بَقِيَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا }
884. Telah menceritakan
kepada kami Mu'awiyah
bin 'Amru berkata,
telah menceritakan kepada kami
Za'idah dari Hushain
dari Salim bin
Abu Al Ja'd
berkata, telah menceritakan kepada kami
Jabir bin 'Abdullah
berkata, "Ketika kami
sedang shalat bersama
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
tiba-tiba datang rombongan
dagang yang membawa
makanan. Orang-orang pun melirik (dan berhamburan pergi) mendatangi rombongan tersebut, hingga tidak ada
orang yang tersisa
bersama Nabi shallallahu
'alaihi wasallam kecuali
hanya dua belas orang.
Maka turunlah ayat
ini: '(Dan apabila
mereka melihat perdagangan
atau permainan, maka mereka bubar
untuk menuju kepadanya dan mereka meninggalkan
kamu ketika kamu sedang berdiri menyampaikan berkhutbah) ' (Qs. Al
Jumu'ah: 12).
Bab: Shalat Sunnah Sesudah Shalat Jum'at dan Sebelumnya
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَبَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَبَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
885. Telah menceritakan kepada
kami 'Abdullah bin
Yusuf berkata, telah
mengabarkan kepada kami Malik
dari Nafi' dari
'Abdullah bin 'Umar,
bahwa Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam biasa melaksanakan
dua rakaat sebelum
zhuhur dan dua
rakaat sesudahnya, dua rakaat
setelag Maghrib di
rumahnya, dan dua
rakaat sesudah Isya.
Dan beliau tidak mengerjakan shalat setelah Jum'at
hingga beliau pulang, lalu shalat dua rakaat."
Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 5
Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 5
Bab: Firman Allah
"Dan apabila shalat telah selesai ditunaikan, maka bertebaranlah kalian
di muka bumi dan carilah karunia llah
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كَانَتْ فِينَا امْرَأَةٌ تَجْعَلُ عَلَى أَرْبِعَاءَ فِي مَزْرَعَةٍ لَهَا سِلْقًا فَكَانَتْ إِذَا كَانَ يَوْمُ جُمُعَةٍ تَنْزِعُ أُصُولَ السِّلْقِ فَتَجْعَلُهُ فِي قِدْرٍ ثُمَّ تَجْعَلُ عَلَيْهِ قَبْضَةً مِنْ شَعِيرٍ تَطْحَنُهَا فَتَكُونُ أُصُولُ السِّلْقِ عَرْقَهُ وَكُنَّا نَنْصَرِفُ مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فَنُسَلِّمُ عَلَيْهَا فَتُقَرِّبُ ذَلِكَ الطَّعَامَ إِلَيْنَا فَنَلْعَقُهُ وَكُنَّا نَتَمَنَّى يَوْمَ الْجُمُعَةِ لِطَعَامِهَا ذَلِكَ
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كَانَتْ فِينَا امْرَأَةٌ تَجْعَلُ عَلَى أَرْبِعَاءَ فِي مَزْرَعَةٍ لَهَا سِلْقًا فَكَانَتْ إِذَا كَانَ يَوْمُ جُمُعَةٍ تَنْزِعُ أُصُولَ السِّلْقِ فَتَجْعَلُهُ فِي قِدْرٍ ثُمَّ تَجْعَلُ عَلَيْهِ قَبْضَةً مِنْ شَعِيرٍ تَطْحَنُهَا فَتَكُونُ أُصُولُ السِّلْقِ عَرْقَهُ وَكُنَّا نَنْصَرِفُ مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فَنُسَلِّمُ عَلَيْهَا فَتُقَرِّبُ ذَلِكَ الطَّعَامَ إِلَيْنَا فَنَلْعَقُهُ وَكُنَّا نَتَمَنَّى يَوْمَ الْجُمُعَةِ لِطَعَامِهَا ذَلِكَ
886. Telah menceritakan
kepada kami Sa'id
bin Abu Maryam
berkata, telah menceritakan kepada kami
Abu Ghassan berkata,
telah menceritakan kepadaku
Abu Hazim dari
Sahl bin Sa'd berkata,
"Di tempat kami
ada seorang wanita
yang menanam ubi
di sela-sela selokan kebunnya. Jika
hari Jum'at tiba,
dia me ncabut pohon
ubinya lalu direbusnya
dalam periuk yang dicampur
dengan segenggam gandum.
Rebusan ubi dijadikan
sebagai makanan pengganti sepotong
daging. Setelah kami
selesai melaksanakan shalat Jum'at,
kami datang ke rumah
wanita itu. Kami
masuk mengucapkan salam
lalu dia menyuguhkan
makanan ubinya itu kepada kami, maka kami pun memakannya. Kami selalu
mengharapkan kehadiran hari Jum'at karena ada makanan yang disuguhkannya
itu."
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَهْلٍ بِهَذَا وَقَالَ مَا كُنَّا نَقِيلُ وَلَا نَتَغَدَّى إِلَّا بَعْدَ الْجُمُعَةِ
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَهْلٍ بِهَذَا وَقَالَ مَا كُنَّا نَقِيلُ وَلَا نَتَغَدَّى إِلَّا بَعْدَ الْجُمُعَةِ
887. Telah
menceritakan kepada kami
'Abdullah bin Maslamah berkata,
telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Hazim dari Bapaknya dari Sahl
dengan riwayat seperti di atas, lalu dia
berkata, "Kami tidaklah
beristirahat siang maupun
makan siang kecuali
setelah shalat Jum'at."
Bab: Tidur Siang (Qailulah) Setelah Shalat Jum'at
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيُّ الْكُوفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ الْفَزَارِيُّ عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُولُ كُنَّا نُبَكِّرُ إِلَى الْجُمُعَةِ ثُمَّ نَقِيلُ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيُّ الْكُوفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ الْفَزَارِيُّ عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُولُ كُنَّا نُبَكِّرُ إِلَى الْجُمُعَةِ ثُمَّ نَقِيلُ
888. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
'Uqbah 'Asy Syaibani Al Kufi
berkata, telah menceritakan kepada
kami Abu Ishaq Al
Fazari dari Humaid
berkata, Aku mendengar Anas berkata,
"Kami lebih awal
mendatangi shalat Jum'at
lalu beristirahat siang
(qailulah) setelahnya."
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كُنَّا نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجُمُعَةَ ثُمَّ تَكُونُ الْقَائِلَةُ
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كُنَّا نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجُمُعَةَ ثُمَّ تَكُونُ الْقَائِلَةُ
889. Telah menceritakan
kepada kami Sa'id
bin Abu Maryam
berkata, telah menceritakan kepada kami
Abu Ghassan berkata,
telah menceritakan kepadaku
Abu Hazim dari
Sahl bin Sa'd berkata,
"Kami shalat Jum'at
bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
kemudian kami beristirahat siang
(qailulah) setelahnya."
Bab: Firman Allah
"Dan apabila shalat telah selesai ditunaikan, maka bertebaranlah kalian
di muka bumi dan carilah karunia llah
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ سَأَلْتُهُ هَلْ صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْنِي صَلَاةَ الْخَوْفِ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمٌ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ غَزَوْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِبَلَ نَجْدٍ فَوَازَيْنَا الْعَدُوَّ فَصَافَفْنَا لَهُمْ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي لَنَا فَقَامَتْ طَائِفَةٌ مَعَهُ تُصَلِّي وَأَقْبَلَتْ طَائِفَةٌ عَلَى الْعَدُوِّ وَرَكَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْ مَعَهُ وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ انْصَرَفُوا مَكَانَ الطَّائِفَةِ الَّتِي لَمْ تُصَلِّ فَجَاءُوا فَرَكَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهِمْ رَكْعَةً وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ فَقَامَ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ فَرَكَعَ لِنَفْسِهِ رَكْعَةً وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ
890. Telah menceritakan
kepada kami Abu
Al Yaman berkata,
telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri berkata,
Aku bertanya kepadanya, "Apakah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan
shalat khauf?" Ia
berkata; Salim telah
mengabarkan kepadaku bahwa
'Abdullah bin 'Umar radliallahu 'anhuma berkata, "Aku pernah ikut suatu
peperangan bersama Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam
ke arah Najed,
kami menghadap ke
arah musuh dan membuat
barisan untuk mereka.
Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam lalu berdiri mengimami
kami. Sekelompok orang
yang bersama beliau
melaksanakan shalat sementara sekelompok
yang lain menghadap
musuh. Nabi shallallahu
'alaihi wasallam lalu rukuk dan sujud dua kali bersama kelompok yang bersamanya, lalu mereka (kelompok yang telah shalat) bergeser menempati
posisi kelompok yang
belum shalat. Kemudian
kelompok yang belum shalat
tersebut datang dan
masuk ke dalam
shaf, Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam lalu rukuk
bersama kelompok yang
baru dan sujud
dua kali, lalu
beliau salam. Maka setiap
kelompok dari kami menyelesaikan shalat mereka masing-masing dengan rukuk dan
sujud dua kali."
0 komentar:
Posting Komentar