Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam

30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam – jika dalam artikel sebelumnya kita membahas mengenai cara membahagiakan suami, kali ini pembahasan kita ialah mengenai tips dan cara mendidik anak agar menjadi soleh dan solehah dalam islam. Langsung saja kita ulas sebagai berikut.

30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam



30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam


1.  Pilihlah Istri yang Solehah

Hadist Islam - Istri ialah seorang ibu untuk anak-anak, mereka akan tumbun dengan bingkai akhlaknya. Hendaknya memilih calon istri yang baik agamanya, mulia akhlaknya agar kelar dapat mengajarkan anak-anak tentang agama. Istri juga memiliki pengaruhh yang besar terhadap suami. Sampai ada pepatah mengatakan bahwa dibalik pria sukses ada wanita yang mendampingi dibelakangnya.

2.  Memohon Kepada Allah agar dikaruniai Keturunan yang Soleh dan Solehah

Memohon Kepada Allah agar dikaruniai Keturunan yang Soleh dan Solehah sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum menikah, memohon dikaruniai keturunan yang soleh dan solehan juga rutinitas para Nabi dan Rasul serta hamba-hamba Allah yang Shalih. Insya Allah apabila kita memohon tiada henti Allah akan kabulkan.

3.  Selalu Berdo’a untuk Kebaikan dan Keselamatan Anak

Do’a orang tua merupakan salah satu do’a yang paling mustajab, jika anda sudah menjadi ornag tua haruslah berhati-hati dalam berbicara dan mendo’akan anak. Seburuk apapun sifat anak kita tetaplah do’akan yang baik-baik untuknya.

4.  Memberikan Nama yang Baik

Orang tua hendaknya memberikan nama yang mengandung makna positif, yang memiliki arti yang baik. Karena nama juga merupakan do’a untuk membentuk pribadi anak.

5.  Akikahkan Anak

Akikah kan lah anak kita, untuk anak perempuan satu ekor kambing dan anak laki-laki dua ekor kambing.

6.   Memohon Pertolongan kepada Allah agar bisa Mendidik Anak dengan Baik

Sekuat apapun usaha kita tidak akan berhasil dalam mendidik anak bila tanpa pertolongan Allah, jadi teruslah berdo’a agar Allah memudahkan niat baik kita.

7.  Menanamkan Keimanan dan Akhlak yang Shahih dalam Jiwa Anak

Hal ini sangat penting untu orangtua ajarkan kepada Anaknya, mengenai keimanan dan akhlak yang mulia, misalnya saja dengan mengajarkan dua kalimat syhadat kepada anak sejak kecil agar mampu lafalkan dan menghafalnya. Lalu bisa juga dengan mengembangkan kecintaan terhadap Allah di dalam hati anak, seperti jika anak lelaki diajak sholat berjamaah dimasjid. Untuk yang perempuan mungkin bisa di ajak mengikuti majelis ilmu.

8.  Menjauhkan Anak dari Akhlak Tercela

Tanamkan kepada anak sejak dini agar menjauhi sifat-sifat tercela seperti dusta, iri, dengki dan lain sebagainya.

9.  Memberikan Kesibukan Alternatif yang sesuai untuk anak

Sebagai orang tua hendaknya kita harus kreatif dalam mendidik anak. Kreatif disini ialah belajar hal hal yang disenangi anak baik berupa permainan ataupun sarana yang memiliki manfaat bagi anak.

10.  Menghindari Sikap Kontradiktif

Contohkan kepada anak sikap yang baik baik agar anak ikut mencontoh yang baik dan tidak menajdi anak pembangkang

11.  Serius meberikan pendidikan dengan keteladanan

Orang tua ialah panutan bagi anak baik dalam hal sifat maupun prilaku. Sebagai contoh ketika orangtua melakukan ibadah sholat di hadapan anak-anaknya, sehingga anak juga ikut mempelajari shalat dengan melihat dari orangtua nya.

12.  Membiasakan anak untuk bangun di akhir malam

Hal yang satu ini tentu tidak akan bisa terwujud tanpa contoh dari orang tua. Meskipun tidak rutin setiap malam minimal ada satu waktu bangun bersama dia akhir malam untuk melaksanakann shalat malam dan amalan lainnya, agar kelak anak terbiasa melakukan pada saat dewasa.

13.  Memperhatikan Fase Usia anak

Orang tua tidak boleh memperlakukan anaknya layak anak kecil saat sudah meranjak dewasa, ataupun sebaliknya. Anak harus di didik mandiri ketika usia  nya sudah dewasa.

Cara Menghukum Anak dalam Islam


14.  Jangan Membesar-besarkan kesalahan anak

Sebagai orang tua juga harus menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang terlepas dari salah dan khilaf. Apabila anak melakukan kesalahan, jangan menghukum anak dengan kata-kata yang menyakitkan atau dengan menggunakan fisik. Karena kelak anak akan trauma dan akan melakukan hal tersebut kepada siapa pun. Sebaiknya hukum anak dengan nasihat-nasihat dan jika harus dihukum, pukul lah bagian telapak tangan atau bagian belakang dengan pelan. Sangat dilarang untuk memukul bagian kepala anak.

15.  Memberikan Kesempatan pada anak untuk memperbaiki kesalahan

Arahkan anak kepada hal yang menjadikan nya lebih baik agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak di ulangi lagi.

16.  Mengadakan Kajian ilmu di dalam rumah

Misalnya nya membaca bersama anak, membaca buku ataupun membaca al-qur’an, memonton film yang edukatif dan kegiatan yang bermanfaat lainnya agar dapat merangsang otak anak untuk mempelajari hal-hal baru.

17.  Mengadakan Games ilmiah diantara anak dan memberikan hadiah untuknya

Hal ini merupakan suatu kegiatan yang dapat memacu otak anak untuk berkreasi, memotivasi belajar anak, melatih anak untuk memiliki tekad yang tinggi dalam meraih sebuah prestasi.

18.  Memperhatikan Kesehatan Anak

Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak termasuk dengan kesehatannya.

19.  Mengingat Kebaikan Anak

Mengingatkan anak akan kebaikan yang pernah ia lakukan dan jelaskan bahwa itu temasuk hal yang baik, sehingga anak selalu melakukan kebaikan tersebut dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

20.  Mengingatkan Keutamaan Pendidikan di Dunia Maupun di Akhirat

Ingatkan selalu anak kita kepada hal akhirat, dan jelaskan bahwa dunia ini hanya bersifat sementara, yang kekal dan abadi adalah akhirat tempat peristirahatan terakhir seluruh umat manusia. Apabila anak menjadi shalih, meraka akan menjadi penyejuk untuk orangtuanya di dunia dan akhirat. Dan menjadikan sebab datangnya pahala untuknya setelah meninggal dunia.

Baca Juga Artikel : Cara Membahagiakan Suami menurut Syariat Islam

21.  Mengingatkan dampak kelalaian dalam hal pendidikan anak

Ada pepatah arab mengatakan bahwa “jika orang tua mengabaikan pendidikan anak-anaknya, mereka akan menjadi duri yang menyangkut di tenggorokan nya pada kehidupan dunia ini, kemudian menjadi sebab hukuman untuknya di akhirat.

22.  Mengajarkan anak tentang ibadah yang wajib dan sunnah

Ajarkan anak-anak kita sejak dini untuk mengenal ibadah yang wajib dan sunnah. Misalnya nya ajarkan dan biasakan anak untuk solat 5 waktu tepat pada waktunya, mengaji setelah solat, dan lain sebagainya.

23.  Nasihati anak

Ketika anak sudah meranjak dewasa, teruslah mengawasi pergaulnnya. Apabila anak melakukan perbuatan yang dilarang agama, maka nasihatilah dan halangi perbuatan tercela tersebut.

24.  Perhatikan Pergaulan Anak

Sebagai orang tua yang baik hendaknya kita menyempatkan waktu untuk bertanya tentang keadaannya di sekolah, tentang teman-temannya, tentang apa yang sudah di ajarkan oleh gurunya, apakah sudah sesuai dengan prinsip agama islam. Jika tidak maka berikan pemahaman yang benar kepada anak.

25.  Ajarkan Anak untuk Hidup Sederhana

Mengajarkan anak untuk hidup sederhanan , tidak berlebihan dalam meminta sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

26.  Sayangilah Anak-anak kita

Sayangi anak-anak kita seperti Rasulullah menyayangi anak-anak dan cucu beliau. Ciumlah anak dengan penuh kelembutan yang menandakan kasih sayang anda terhadapnya.

27.  Berlaku adil lah terhadap anak

Sebagai orangtua kita harus berlaku adil terhadap anak kita, jangan pilih kasih terhadap anak, karena jika anda pilih kasih terhadap anak, anak akan merasa dipojokkan.

28.  Jadilah Suri Taulan dan bagi anak hingga ia dewasa

Tunjukkan selalu hal positif daan hal yang baik terhadap anak-anak, agar kita senantiasa menjadi suri tauladan bagi mereka.

29.  Jadilah teman curhatnya

Apabila ank sudah baliqh atau sudah dewasa hendaknya orangtua juga menjadi teman curhatnya, karena mungkin anak sudah mengenal cinta sesama lawan jenis. hal ini bertujuan untuk mengawasi pergaulannya, agar tetap terarah dan dijalan-Nya.

30.  Sempatkan waktu anda untuk anak

Sejak lahir hingga baligh bermainlah dengan anak anak anda, jika terlalu sibuk dengan pekerjaan khusus nya bagi seorang ayah, sempatkan waktu untuk kumpul bersama berbicara tentang apapun agar tidak ada pemisah antara orangtua dan anak.

Mendidik Anak Menurut Pesan Rasulullah S.A.W


Demikianlah artikel mengenai 30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam. Anak meruapkan titipan dari Allah S.W.T untuk dijaga, dan diperlakukan dengan sebaik-baiknya, karena merupakan karunia terindah yang Allah berikan untuk kita. Jika seorang anak meninggal pada saat belum baligh ia akan menjadi syafaat bagi kedua orang tuanya di hari akhir. Anak akan menanyakan orangtuanya sebelum masuk kesyurga, dengan izin Allah masukkan orangtua bersama anak nya kedalam Surga. Tentu orang tua yang beriman kepada Allah S.W.T

Tiada yang sulit diajarkan dalam agama isalm dan juga Rasulullah S.A.W dan Allah S.W.T akan memberikan kemudahan bagi hamba-hambanya yang selalu beribadah dan senantiasa mengingat-Nya sepanjang hayat. Karena sekecil apapun kebaikan yang telah kita lakukan , maka Allah akan memberikan ganjaran berpuluh-puluh kali lipat, InsyaALLAH aamiin.. 
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 30 Tips dan Cara Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Islam

0 komentar:

Posting Komentar