Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Niat Puasa Sunah Senin Kamis Beserta Tuntunannya

Niat puasa sunah senin kamis- Puasa merupakan rukun Islam yang ke 4 setelah perintah untuk melaksanakan sahadat, sholat, zakat dan yang terakhir puasa. Selain merupakan perintah yang masuk dalam rukun Islam. Puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, hal ini sudah dibuktikan dalam dunia kesehatan oleh para ilmuan.

Puasa sendiri ada yang wajib dan ada pula yang sunnah. Puncaknya adalah perintah untuk melaksanakan puasa ramadahan selama 1 bulan penuh. Sedangkan untuk puasa yang masuk kategori sunah ada puasa senin kamis, dan puasa daud. Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas puasa sunah senin kamis. Dan bagaimana  niat puasa senin kamis tersebut menurut Al Quran dan Hadist yang sesuai dengan ajaran yang benar.

Niat Puasa Sunah Senin Kamis

Niat puasa sunah senin kamis

Kapan saat untuk puasa senin kamis ? jawabannya sudah pasti yaitu setiap hari senin dan kamis. Islam adalah agama yang paling sempurna, Islam tidak mempersulit umatnya, bagi yang memiliki kemauan diperbolehkan untuk melaksanakan puasa senin kamis ini. Bila tidak berpuasa pun tidak ada masalah. Lantas bagaimana dengan niat puasa senin kamis itu ?

Bacaan Niat Puasa Senin


Nawaitu Shauma Yaumal Itsnaini lillahi ta’alaa.
Artinya dalam bahasa Indonesia : Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Kamis

niat puasa senin kamis

Nawaitu Shauma Yaumal Khomiisi lillahi ta’alaa.
Artinya dalam bahasa Indonesia : Saya niat puasa hari kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Tuntunan Puasa Senin Kamis

Setiap hal yang kita lakukan harus ada tuntunan sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Rosulullah SAW dulu melaksanakan puasa senin dan kamis jadi tuntunan untuk melaksanakan puasa senin dan kamis adalah benar adanya, berikut adalah hadist yang menerangkan alasan mengapa harus melaksanakan puasa pada hari senin dan kamis.

Doa Sahur dan Lafdz Berbuka Puasa yang shahih

Hadist pertama :
Segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa (HR. Tirmidzi)

Dari hadist tersebut dengan jelas nabi menganjurkan puasa senin kamis adalah pada hari itu catatan amal kita siperiksa oleh malaikat. Alangkah baiknya disaat amal perbuatan tersebut diperiksa, kita dalam keadaan berpuasa.

Hadist Kedua :
“Bahwasannya Rosulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rosulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, “Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Jika kita umat Nabi Muhammad yang mencintai beliau maka jalankan lah sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Salah satunya adalah puasa senin kamis dan membaca niat puasa senin kamis sesuai dengan tuntunannya.

Kapan saat membaca niat puasa senin kamis ?

Apakah cara membaca niat puasa senin kamis ini sama dengan puasa wajib ? jika puasa wajib yaitu harus sebelum datangnya waktu subuh. Untuk waktu membaca niat puasa sunah senin kamis ada dua pendapat dari para ulama. Pendapat ulama yang pertama menerangkan bahwasannya niat puasa senin kamis ini bisa dilakukan pada siang hari dengan syarat lupa pada malam hari dan belum melakukan hal yang membatalkan puasa.

Misal sekarang hari senin/kamis, kemudian pada siang ahri baru ingat bahwa hari ini adalah hari tersebut. Maka diperbolehkan niat pada siang hari kemudian melanjutkan puasa dengan catatan belum melakukan hal yang membatalkan puasa.

Pendapat yang pertama ini merupakan pernyataan dari tiga madzhab yang ketika ikuti yaitu syafi’u, hambali dan juga Hanafi. Landasan perintah tersebut berdasarkan pada hadist dari Aisyah R.A :
“Rosulullah SAW pernah menemuiku pada suat hari. Lalu beliau bertanya, “Apakah kamu memiliki makanan ?” Aku menjawab “TIDAK”

Kemudian Rosulullah mengatakan “Jika demikian, saya puasa saja”
Dengan catatan hal ini hanya bisa dilakukan pada puasa Sunah saja, jika puasa wajib maka tidak diperbolehkan.

Pendapat yang kedua, yaitu dari madzhab maliki yang menerangkan bahwasannya niat puasa senin kamis harus dilakukan sebelum masuk waktu imsak sama halnya seperti bulan Ramadhan untukpuasa wajib.

“Siapa yang tidak berniat puasa di malam hari(sebelum waktu imsak) maka tidak ada puasa baginya.
Pendapat kedua ini adalah madzhab Maliki. Untuk pengetahuan, mayoritas masyarakt Indonesia adalah menganut madzhab Hanafi, jika menganut madzhab tersebut maka niay puasa senin kamis bisa dilakukan pada siang hari berdasarkan Hadist diatas.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Niat Puasa Sunah Senin Kamis Beserta Tuntunannya

0 komentar:

Posting Komentar