Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Lafadz Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Artinya

Lafadz Bacaan Niat Sholat TarawihSebentar lagi bulan ramadhan akan tiba, tentunya mengetahui dan mempelajari Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih menjadi hal yang harus diketahui oleh umat muslim. Bagi anak-anak yang baru belajar shalat, tentunya ini menjadi sebuah pelajaran bagi mereka dan bagi orang dewasa, mempelajari hal ini juga menambah pengetahuan mengenai shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang harus dilakukan selama bulan ramadhan. Umumnya, shalat tearawih dilaksanakan setelah shalat isya secara berjamaah dan tarawih juga memiliki rakaat yang berbeda-beda yaitu ada yang 23 rakaat da nada yang 11 rakaat termasuk shalat witir. Shalat tarawih dapat dilaksanakan sendiri ataupun berjamaah, namun ada perbedaan bacaan niat pada imam, ma’mum ataupun shalat sendirian.


Niat shalat tarawih sebagai Imam

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam


Artinya: Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat shalat tarawih bagi Ma’mum


Niat shalat tarawih sebagai Ma'mum
Niat Sholat Tarawwih sebagai ma'mun

Artinya: Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala
Niat shalat Tarawih sendirian

Niat Sholat Tarawih Sendirian

Niat Sholat Tarawih Sendirian

Artinya: Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih memiliki perbedaan karena pada dasarnya pelaksanaan shalat tarawih itu sama yaitu pada setiap 2 rakaat akan diakhiri dengan salam, sehngga niat tarawih sama yaitu shalat sunnah 2 rakaat. Yang membedakan adalah shalat tarawihnya sebagai imam atau ma’mum atau sendiri. Shalat tarawih yang terdiri dari 23 rakaat atau 11 rakaat ini akan diakhiri dengan shalat sunnah witir yang dapat dikatakan sunah untuk dilakukan. Shalat sunah witir juga dapat dilakukan di rumah sendirian.

Pada buan ramadhan ini, kita akan melaksanakan shalat tarawih secara satu bulan penuh terkecuali bagi perempuan yang haid atau sedang hamil. Maka penting untuk mempelajari lafadz bacaan niat shalat sunnah tarawih agar shalat kita menjadi diterima oleh Allah SWT. Shalat tarawih yang kita lakukan di bulan ramadhan ini tentunya ingin meningkatkan keimanan dan mengharapkan pahala. Selain itu bagi umat muslim yang melaksanakan shalat tarawih juga akan mendapatkan keutamaan seperti yang tela dijelaskan oleh Rasulullah SAW yang artinya “ barangsiapa yang shalat tarawih bersama imam sampai selesai maka dicatat baginya seperti semalam suntuk”. Arti dari sabda Rasulullah SAW tersebut tentunya menjadi nikmat yang sangat besar bagi umat muslim.

Atas apa yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW maka tidak sepantasnya bagi seorang muslim meninggalkan shalat tarawih yang sudah seharusnya ditekuni dan menjaga shalat tarawihnya bersama imam hingga akhir. Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih ini penting dipelajari agar kita mendapatkan dan meresapi makna dari shalat sunnah yang dilakukan di bulan yang mulia ini. gerakan-gerakan shalat tarawih ini juga dapat mendatangkan ketenangan dari yang melakukannya, oleh sebab itu untuk mendapatkan pahala penuh sertameningkatkan kemuliaan di mata Allah SWT sangat baik apabila dapat melaksanakan shalat tarawih selama satu bulan penuh.


Baca : Hadist HR. Bukhari Tentang Shalat Dhuha

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Artinya

Tetapi karena jumlah rakaat yang berbeda-beda, tak jarang imam shalat tarawih sering mempercepat gerakan mereka khususnya dalam mempercepat gerakan ruku dan sujud dalam shalat tarawih. Hal tersebut tentunya memberatkan bagi ma’mum yang ada dibelakangnya. Selain itu biasanya imam yang cepat dapat menghilangkan tuma’ninah yaitu rukun shalat dan tidak akan sah apabila shalat tanpa tuma’ninah. Sehingga ulama mengatakan bahwa hukumnya makruh apabila seorang imam mempercepat gerakan yang dapat menghalangi ma’mum untuk melaksanakan shalat sunah. Oleh sebab itu sangat penting untuk mempelajari dan memaknai Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih agar ketika melaksanakannya mendapatkan ketenangan batin serta dapat diresapi dengan baik.

Sehingga nasihat para ulama adalah untuk para imam agar lebih bertaqwa pada Allah SWT terhadap diri mereka dan kaum muslimin yang shalat dibelakangnya agar mereka dapat menunaikan shalat tarawih penuh dengan tuma’ninah serta menghayati Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih agar mereka mendapatkan kemuliaan serta ketenangan batin. Shalat tarawih dilaksanakan untuk memenuhi kewajiban di bulan Ramadhan karena akan mendapatkan pahala yang sangat banyak.

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat

Hadist Islam - Hendaknya bagi umat muslim dalam melaksanakan shalat tarawih yaitu untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dengan membaca Kalam-Nya, bertakbir kepada-Nya, mengagungkan-Nya, memuji dan berdoa kepada-Nya dengan sesuatu yang baik untuk dunia akhirat. Lafadz bacaan niat sholat sunnah tarawih harus diresapi agar ketika melaksanakan shalat tarawih menjadi lebih khusyuk dan mendapatkan ketenangan. Karena ketika membaca niat dengan penuh ikhlas, maka ketika melaksanakan shalat sunah akan mendapatkan paala dan dapt meningkatkan kemuliaan serta ketaqwaan kepada Allah. 
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lafadz Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Artinya

0 komentar:

Posting Komentar