Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 9

Kitab: Adzan

Hadist Islam - Bab: Keimaman seorang budak atau maula (bekas budak)


حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ لَمَّا قَدِمَ الْمُهَاجِرُونَ الْأَوَّلُونَ الْعُصْبَةَ مَوْضِعٌ بِقُبَاءٍ قَبْلَ مَقْدَمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَؤُمُّهُمْ سَالِمٌ مَوْلَى أَبِي حُذَيْفَةَ وَكَانَ أَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا

651.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ibrahim  bin  Al  Mundzir  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Anas  bin  'Iyadl  dari  'Ubaidullah  dari  Nafi'  dari  'Abdullah  bin  'Umar  berkata, "Ketika  robongan  Muhajirin  yang  pertama  sampai  di  'Ushbah,  suatu  tempat  di  Quba', sebelum kedatangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, yang mengimami shalat me reka adalah Salim mantan budak  Abu  Hudzaifah. Dia adalah  seorang  sahabat  yang paling banyak bacaan (hafalan) Al Qur'annya di antara mereka."
 
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو التَّيَّاحِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَإِنْ اسْتُعْمِلَ حَبَشِيٌّ كَأَنَّ رَأْسَهُ زَبِيبَةٌ

652.  Telah  menceritakan kepada kami Muhammad  bin Basysyar telah menceritakan  kepada kami Yahya telah menceritakan  kepada kami Syu'bah berkata, telah menceritakan kepadaku Abu  At  Tayyah  dari  Anas  bin  Malik  dari  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  beliau  bersabda: "Dengar  dan taatlah kalian, sekalipun yang  memimpin kalian adalah seorang  budak Habasyi yang berambut keriting seperti buah kismis."

Bab:  Jika seorang  imam shalatnya  tidak sempurna (salah)  sedangkan para ma'mum shalat dengan sempurna

حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ سَهْلٍ قَالَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُوسَى الْأَشْيَبُ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُصَلُّونَ لَكُمْ فَإِنْ أَصَابُوا فَلَكُمْ وَإِنْ أَخْطَئُوا فَلَكُمْ وَعَلَيْهِمْ

653.  Telah menceritakan kepada kami Al  Fadll bin Sahal berkata, telah menceritakan kepada kami Al Hasan  bin  Musa Al Asyyab berkata, telah menceritakan kepada  kami  'Abdurrahman bin  'Abdullah  bin  Dinar  dari  Zaid  bin  Aslam  dari  'Atha  bin  Yasar  dari  Abu  Hurairah,  bahwa Rasulullah shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda: "Para imam shalat memimpin kalian. Maka jika  dia  benar,  mereka  mendapat  pahala  dan  kalian  juga  mendapatkan  bagian  pahalanya. Namun bila dia salah kalian tetap mendapatkan pahala dan mereka mendapatkan dosa."

Bab: Keimaman seorang yang terfitnah (dituduh fasik) atau seorang ahli bid'ah

قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَقَالَ لَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَدِيِّ بْنِ خِيَارٍ أَنَّهُ دَخَلَ عَلَى عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَهُوَ مَحْصُورٌ فَقَالَ إِنَّكَ إِمَامُ عَامَّةٍ وَنَزَلَ بِكَ مَا نَرَى وَيُصَلِّي لَنَا إِمَامُ فِتْنَةٍ وَنَتَحَرَّجُ فَقَالَ الصَّلَاةُ أَحْسَنُ مَا يَعْمَلُ النَّاسُ فَإِذَا أَحْسَنَ النَّاسُ فَأَحْسِنْ مَعَهُمْ وَإِذَا أَسَاءُوا فَاجْتَنِبْ إِسَاءَتَهُمْ وَقَالَ الزُّبَيْدِيُّ قَالَ الزُّهْرِيُّ لَا نَرَى أَنْ يُصَلَّى خَلْفَ الْمُخَنَّثِ إِلَّا مِنْ ضَرُورَةٍ لَا بُدَّ مِنْهَا

654.  Abu Abdullah berkata; Muhammad bin Yusuf berkata kepada  kami, telah menceritakan kepada  kami  Al  Auza'i  telah  menceritakan  kepada  kami  Az  Zuhri  dari  Humaid  bin 'Abdurrahman dari  'Ubaidullah  bin  'Adi bin Khiyar, bahwa  dia  masuk menemui  'Utsman  bin 'Affan  saat  ia  terkepung  seraya berkata,  "Engkau  adalah  pemimpin  Kaum  Muslimin  namun tuan tengah mengalami kejadian seperti yang kita saksikan. Sedangkan  shalat akan dipimpin oleh  imam  yang  terkena  fitnah  dan  kami  jadi  khawatir  terkena  dosa."  Maka  'Utsman  bin 'Affan  pun  berkata,  "Shalat  adalah  amal  terbaik  yang  dilakukan  manusia.  Oleh  karena  itu apabila orang-orang melakukan  kebaikan  (dengan mendirikan shalat),  maka berbuat baiklah (shalat)  bersama  mereka.  Dan  jika  mereka  berbuat  keburukan  (kesalahan),  maka  jauhilah keburukan  mereka."  Az  Zubaidi berkata,  Az Zuhri  berkata, "Kami  tidak  membenarkan shalat bermakmum di belakang seorang banci kecuali dalam keadaan sangat terpaksa."

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبَانَ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ أَبِي التَّيَّاحِ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَبِي ذَرٍّ اسْمَعْ وَأَطِعْ وَلَوْ لِحَبَشِيٍّ كَأَنَّ رَأْسَهُ زَبِيبَةٌ

655.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muhammad  bin  Aban  telah  menceritakan  kepada kami  Ghundar  dari  Syu'bah  dari  Abu  At  Tayyah  bahwa  dia  mendengar  Anas  bin  Malik berkata,  "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  pernah  berkata  kepada  Abu  Dzar:  "Dengar  dan taatlah  sekalipun  terhadap  seorang  budak  Habasyi  yang  berambut  keriting  seperti  buah anggur kering."

Bab: Berdiri sejajar di sebelah imam jika shalat berduaan

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ بِتُّ فِي بَيْتِ خَالَتِي مَيْمُونَةَ فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ ثُمَّ جَاءَ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ثُمَّ نَامَ ثُمَّ قَامَ فَجِئْتُ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَصَلَّى خَمْسَ رَكَعَاتٍ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ نَامَ حَتَّى سَمِعْتُ غَطِيطَهُ أَوْ قَالَ خَطِيطَهُ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ

656.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Sulaiman  bin  Harb  berkata,  telah  menceritakan kepadaku  Syu'bah dari  Al  Hakam berkata, "Aku  mendengar Sa'id  bin Jubair dari  Ibnu 'Abbas berkata,  "Aku  pernah  menginap  di  rumah  bibiku,  Maimunah.  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam  pergi  shalat  'Isya  kemudian  kembali  ke  rumah  dan  shalat  sunnat  empat  rakaat, kemudian beliau tidur. Saat  tengah malam beliau bangun dan shalat malam,  aku lalu datang untuk  ikut  shalat  bersama  beliau  dan  berdiri  di  samping  kiri  beliau.  Kemudian  beliau menggeserku  ke  sebelah  kanannya,  lalu  beliau  shalat  lima  rakaat,  kemudian  dua  rakaat, kemudian  tidur  hingga  aku  mendengar  suara  dengkur  Beliau.  Setelahitu  beliau  Kemudian Beliau keluar untuk shalat (shubuh)."
Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 8

Bab:  Jika seseorang shalat berdiri di sebelah kiri  imam, lalu imam menggesernya ke sebelah kanan maka shalatnya tidak rusak

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرٌو عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ سُلَيْمَانَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ نِمْتُ عِنْدَ مَيْمُونَةَ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا تِلْكَ اللَّيْلَةَ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي فَقُمْتُ عَلَى يَسَارِهِ فَأَخَذَنِي فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَصَلَّى ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً ثُمَّ نَامَ حَتَّى نَفَخَ وَكَانَ إِذَا نَامَ نَفَخَ ثُمَّ أَتَاهُ الْمُؤَذِّنُ فَخَرَجَ فَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ قَالَ عَمْرٌو فَحَدَّثْتُ بِهِ بُكَيْرًا فَقَالَ حَدَّثَنِي كُرَيْبٌ بِذَلِكَ
 
657.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ahmad  berkata,  telah  menceritakan  kepadaku  Ibnu Wahb  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  'Amru  dari  'Abdu  Rabbih  bin  Sa'id  dari Makhramah bin Sulaiman dari Kuraib mantan budak Ibnu 'Abbas, dari Ibnu 'Abbas ia berkata, "Suatu  malam  aku  pernah  tidur  di  sisi  Maimunah,  sementara  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam  tidur  di  sebelahnya  pada  malam  itu.  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam kemudian berwudlu  lalu  berdiri  menunaikan  shalat.  Maka  aku  datang  dan  berdiri  shalat  di samping  kiri  beliau.  Namun  beliau  memegangku  dan  menggeserku  ke  sebelah  kanannya. Setelah  itu  beliau  shalat  tiga  belas  rakaat,  kemudian  tidur  hingga  terdengar  nafasnya.  Dan memang  beliau  apabila  tidur  (terdengar  suara)  nafas  beliau.  Kemudian  seorang  mu'adzin datang  kepada  beliau,  maka  beliau  pun  keluar  untuk  menunaikan  shalat  (Shubuh)  tanpa berwudlu  lagi."  'Amru  berkata,  "Aku  ceritakan  riwayat  ini  kepada  Bukair,  lalu  ia  berkata, "Kuraib juga telah menceritakan kepadaku seperti itu."

Bab: Jika seseorang shalat tidak berniat sebagai imam lalu datang orang di belakang mengikuti shalatnya hingga dia mengimaminya

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بِتُّ عِنْدَ خَالَتِي فَقَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنْ اللَّيْلِ فَقُمْتُ أُصَلِّي مَعَهُ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ بِرَأْسِي فَأَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ


658.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Musaddad  berkata,  telah  menceritakan  kepadaku Isma'il  bin  Ibrahim  dari  Ayyub  dari  'Abdullah  bin  Sa'id  bin  Jubair  dari  Bapaknya  dari  Ibnu 'Abbas ia  berkata,  "Aku  pernah menginap di rumah  bibiku. Kemudian Rasulullah  shallallahu 'alaihi  wasallam  shalat  malam.  Maka  aku  datang  untuk  ikut  shalat  bersama  beliau,  aku berdiri  di  samping  kirinya,  lalu  beliau  memegang  kepalaku  dan  menggeserku  ke  sebelah kanannya."

Bab:  Jika  seorang  imam  memanjangkan  shalat  lalu  ada  orang  yang  ada  keperluan maka dia boleh keluar lalu shalat sendirian

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرٍو عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ كَانَ يُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ يَرْجِعُ فَيَؤُمُّ قَوْمَهُ

659.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muslim  bin  Ibrahim  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Syu'bah  dari  'Amru  dari  Jabir  bin  'Abdullah,  bahwa  Mu'adz  bin  Jabal  pernah shalat  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  kemudian  dia  kembali  pulang  dan mengimami shalat kaumnya."

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَمْرٍو قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ يُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ يَرْجِعُ فَيَؤُمُّ قَوْمَهُ فَصَلَّى الْعِشَاءَ فَقَرَأَ بِالْبَقَرَةِ فَانْصَرَفَ الرَّجُلُ فَكَأَنَّ مُعَاذًا تَنَاوَلَ مِنْهُ فَبَلَغَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ فَتَّانٌ فَتَّانٌ فَتَّانٌ ثَلَاثَ مِرَارٍ أَوْ قَالَ فَاتِنًا فَاتِنًا فَاتِنًا وَأَمَرَهُ بِسُورَتَيْنِ مِنْ أَوْسَطِ الْمُفَصَّلِ قَالَ عَمْرٌو لَا أَحْفَظُهُمَا

660. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar berkata, telah menceritakan kepada kami Ghundar berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Amru berkata, Aku  mendengar Jabir  bin  'Abdullah  berkata,  "Mu'adz bin Jabal pernah  shalat  bersama  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam,  dia  lalu  kembali  pulang  dan  mengimami  kaumnya  shalat  'Isya dengan membaca surah Al Baqarah. Kemudian ada seorang laki-laki keluar dan pergi, Mu'adz seakan  menyebut orang  tersebut  dengan  keburukan. Kejadian  ini kemudian  sampai  kepada Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  maka  beliau  pun  bersabda:  "Apa  engkau  akan  membuat fitnah?  Apa  engkau  akan  membuat  fitnah?  Apa  engkau  akan  membuat  membuat  fitnah?" Beliau  ucapkanhingga  tiga  kali.  Atau  kata  beliau:  "Apakah  kamu  menjadi  pembuat  fitnah? Apakah kamu menjadi pembuat fitnah? Apakah kamu menjadi pembuat fitnah?" Lalu beliau memerintahkannya  (Mu'adz)  untuk  membaca  dua  surah  saja  dari  pertengahan  Al Mufashshal." Amru berkata, 'Namun aku tidak hafal kedua surat tersebut."

Bab:  Imam  hendaklah  meringankan  bacaan  ketika  berdiri  namun  tetap menyempurnakan ruku' dan sujudnya

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ قَالَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ سَمِعْتُ قَيْسًا قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو مَسْعُودٍ أَنَّ رَجُلًا قَالَ وَاللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي لَأَتَأَخَّرُ عَنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ مِنْ أَجْلِ فُلَانٍ مِمَّا يُطِيلُ بِنَا فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَوْعِظَةٍ أَشَدَّ غَضَبًا مِنْهُ يَوْمَئِذٍ ثُمَّ قَالَ إِنَّ مِنْكُمْ مُنَفِّرِينَ فَأَيُّكُمْ مَا صَلَّى بِالنَّاسِ فَلْيَتَجَوَّزْ فَإِنَّ فِيهِمْ الضَّعِيفَ وَالْكَبِيرَ وَذَا الْحَاجَةِ

661. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus berkata, telah menceritakan kepada kami Zuhair berkata,  telah  menceritakan kepada kami Isma'il  berkata, "Aku mendengar Qais berkata, telah  mengabarkan  kepada  ku  Abu  Mas'ud  bahwa  ada  seseorang  berkata, "Wahai Rasulullah,  demi  Allah!  Aku  mengakhirkan  shalat  shubuh  berjama'ah  karena  fulan  yang memanjangkan  bacaan  dalam  shalat  bersama  kami."  Maka  aku  belum  pernah  melihat Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam marah  dalam  memberi  pelajaran  melebihi marahnya pada  hari  itu.  Beliau  kemudian  bersabda:  "Sungguh  di  antara  kalian  ada  orang  yang  dapat menyebabkan orang lain berlari memisahkan diri. Maka bila seseorang dari kalian memimpin shalat  bersama  orang  banyak  hendaklah  dia  melaksanakannya  dengan  ringan.  Karena  di antara mereka ada orang yang lemah, lanjut usia dan orang yang punya keperluan."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 9

0 komentar:

Posting Komentar