Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 22

Kitab: Adzan

Hadist Islam - Bab:  Memilih  Doa  Tertentu  Setelah  Membaca  Doa  Tasyahud  Hukumnya  Bukan Wajib

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ الْأَعْمَشِ حَدَّثَنِي شَقِيقٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنَّا إِذَا كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلَاةِ قُلْنَا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ مِنْ عِبَادِهِ السَّلَامُ عَلَى فُلَانٍ وَفُلَانٍ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقُولُوا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلَامُ وَلَكِنْ قُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ فَإِنَّكُمْ إِذَا قُلْتُمْ أَصَابَ كُلَّ عَبْدٍ فِي السَّمَاءِ أَوْ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ثُمَّ يَتَخَيَّرُ مِنْ الدُّعَاءِ أَعْجَبَهُ إِلَيْهِ فَيَدْعُو

791.  Telah menceritakan  kepada kami Musaddad berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Yahya dari  Al A'masy telah menceritakan kepadaku Syaqiq dari 'Abdullah berkata, "Jika kami shalat  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  kami  mengucapkan:  "ASSALAAMU 'ALAALLAH  MIN  'IBAADIHIS  SALAAMU  'ALAA  FULAAN  WA  FULAAN  (Semoga  kesejahteraan terlimpahkan kepada Allah dari hamba-hamba Nya, dan semoga kesejahteraan terlimpahkan kepada  si  anu  dan  si  anu)  '.  Maka  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda:  "Janganlah kalian mengucapkan: 'ASSALAAMU 'ALAALLAH (Semoga kesejahteraan  terlimpahkan kepada Allah)  ',  karena sesungguhnya Allah,  Dialah As-Salaam.  Akan tetapi  bacalah:  'ATTAHIYYAATU LILLAHI  WASHSHALAAWAATU  WATHTHAYYIBAAT  ASSALAAMU  'ALAIKA  AYYUHANNABIYYU WA  RAHMATULLAHI  WA  BARAKAATUH  ASSALAAMU  'ALAINAA  WA  'ALAA  'IBAADILLAHISH SHAALIHIIN (Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga  kesejahteraan  terlimpahkan  kepada  engkau  wahai  Nabi  dan  juga  rahmat  dan berkah-Nya.  Semoga  kesejahteraan  terlimpahkan  kepada  kami  dan  kepada  hamba-hamba Allah yang  shalih). Karena apabila kalian mengucapkan seperti ini,  maka  berarti kalian  telah mengucapkan salam kepada seluruh yang ada di langit atau yang berada di antara langit dan bumi." (Dan lanjutkanlah dengan bacaan): 'ASYHADU  ALLAA  ILAAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA  MUHAMMADAN 'ABDUHU WA RASUULUH (Aku bersaksi tidak ada tuhan yang berhak disembah selain  Allah,  dan  aku bersaksi  bahwa  Muhammad adalah hamba dan  utusan-Nya) '. Lalu ia memilih doa yang paling ia sukai kemudian berdoa dengannya."

Bab: Orang Yang Tidak Mengusap Dahi dan Hidung Setelah Shalatnya Selesai

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ فَقَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِي الْمَاءِ وَالطِّينِ حَتَّى رَأَيْتُ أَثَرَ الطِّينِ فِي جَبْهَتِهِ

792.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muslim  bin  Ibrahim  berkata,  telah  menceritakan kepada kami Hisyam dari  Yahya dari  Abu  Salamah  berkata,  "Aku bertanya kepada  Abu  Sa'id Al  Khudri  (tentang  Lailatul  Qadar).  Lalu  ia  menjawab,  "Aku  melihat  Rasulullah  shallallahu 'alaihi wasallam sujud di atas air dan lumpur hingga aku bisa melihat bekas lumpur itu di dahi beliau."

Bab: Mengucapkan Salam

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ هِنْدٍ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ أُمَّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ قَامَ النِّسَاءُ حِينَ يَقْضِي تَسْلِيمَهُ وَمَكَثَ يَسِيرًا قَبْلَ أَنْ يَقُومَ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ فَأُرَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ أَنَّ مُكْثَهُ لِكَيْ يَنْفُذَ النِّسَاءُ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُنَّ مَنْ انْصَرَفَ مِنْ الْقَوْمِ

793.  Telah menceritakan kepada  kami Musa  bin  Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami  Ibrahim  bin  Sa'd  telah  menceritakan  kepada  kami  Az  Zuhri  dari  Hind  binti  Al  Harits bahwa  Ummu  Salamah  radliallahu  'anha  berkata,  "Apabila  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam  mengucapkan  salam,  maka  seketika  selesainya  salam  beliau  itu  pula  mereka langsung  bangkit,  sementara  beliau  berdiam  diri  sebentar  sebelum  berdiri."  Ibnu  Syihab berkata,  "Menurutku  -dan  hanya  Allah  yang  tahu-  beliau  melakukan  itu  agar  kaum  wanita punya  kesempatan  untuk  pergi  sehingga  seseorang  yang  berlalu  pulang  dari  kalangan  laki- laki tidak bertemu dengan mereka."

Bab: Mengucapkan Salam Ketika Imam Mengucapkannya

حَدَّثَنَا حِبَّانُ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ مَحْمُودِ بْنِ الرَّبِيعِ عَنْ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ قَالَ صَلَّيْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَلَّمْنَا حِينَ سَلَّمَ

794.  Telah menceritakan kepada kami Hibban bin Musa berkata, telah mengabarkan kepada kami 'Abdullah berkata, telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhri dari Mahmud bin  Ar  Rabi'  dari  'Itban  bin  Malik  berkata,  "Kami  pernah  shalat  bersama  Nabi  shallallahu 'alaihi wasallam, maka kami salam ketika beliau salam."

Bab:  Orang  Yang  Tidak  Berpendapat  Perlunya  Menjawab  Salamnya  Imam  dan Mencukupkannya Sebagai Salam Penutup Shalat

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي مَحْمُودُ بْنُ الرَّبِيعِ وَزَعَمَ أَنَّهُ عَقَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَقَلَ مَجَّةً مَجَّهَا مِنْ دَلْوٍ كَانَ فِي دَارِهِمْ قَالَ سَمِعْتُ عِتْبَانَ بْنَ مَالِكٍ الْأَنْصارِيَّ ثُمَّ أَحَدَ بَنِي سَالِمٍ قَالَ كُنْتُ أُصَلِّي لِقَوْمِي بَنِي سَالِمٍ فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنِّي أَنْكَرْتُ بَصَرِي وَإِنَّ السُّيُولَ تَحُولُ بَيْنِي وَبَيْنَ مَسْجِدِ قَوْمِي فَلَوَدِدْتُ أَنَّكَ جِئْتَ فَصَلَّيْتَ فِي بَيْتِي مَكَانًا حَتَّى أَتَّخِذَهُ مَسْجِدًا فَقَالَ أَفْعَلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ فَغَدَا عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبُو بَكْرٍ مَعَهُ بَعْدَ مَا اشْتَدَّ النَّهَارُ فَاسْتَأْذَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَذِنْتُ لَهُ فَلَمْ يَجْلِسْ حَتَّى قَالَ أَيْنَ تُحِبُّ أَنْ أُصَلِّيَ مِنْ بَيْتِكَ فَأَشَارَ إِلَيْهِ مِنْ الْمَكَانِ الَّذِي أَحَبَّ أَنْ يُصَلِّيَ فِيهِ فَقَامَ فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ ثُمَّ سَلَّمَ وَسَلَّمْنَا حِينَ سَلَّمَ

795.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdan  berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami 'Abdullah  berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami  Ma'mar  dari  Az  Zuhri  berkata,  telah mengabarkan  kepadaku  Mahmud  bin  Ar  Rabi',  dia  mengklaim  bahwa  ia  telah  membuat perjanjian dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan meminta keberkahan kewat air yang  diambil  dari  sumur  yang ada  di dalam  mereka. Dia  berkata,  Aku  mendengar  'Itban  bin Malik Al  Anshari kemudian  seseorang  dari suku Bani  Salim  berkata, "Aku pernah  memimpin shalat  kaumku,  Bani  Salim.  Pada  kemudian  hari  aku  menemui  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam, lalu  aku  berkata  kepada  beliau,  "Wahai Rasulullah,  aku  adalah orang yang  sudah lemah  penglihatan  sedangkan  genangan-genangan  dari  saluran  air  sering  menghalangi antara aku dan masjid kaumku. Seandainya tuan berkenan, bolehlah tuan da tang berkunjung lalu  shalat  di  rumahku  pada  suatu  tempat  yang  akan  aku  jadikan  masjid."  Maka  Beliau berkata,  "Aku  akan  datang,  Insyaallah."  Kemudian  beliau  datang  kepadaku  bersama  Abu Bakar di waktu  siang  yang  terik.  Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam  lalu  minta  izin  masuk dan aku pun mengizinkannya. Sebelum duduk beliau langsung bersabda: "Mana tempat yang kau sukai untuk aku shalat padanya di rumahmu ini?" Maka Itban memberi isyarat kepada Beliau tempat  yang  disukainya  supaya  Beliau  shalat  di  tempat  tersebut.  Beliau  lalu  berdiri  shalat dan  kamipun  berdiri  shalat  mengatur  shaf  di  belakangnya.  Kemudian  Beliau  mengakhiri shalat dengan salam, maka kamipun mengucapkan salam setelah Beliau salam."

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 21

Bab: Dzikir Setelah Shalat

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو أَنَّ أَبَا مَعْبَدٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَفْعَ الصَّوْتِ بِالذِّكْرِ حِينَ يَنْصَرِفُ النَّاسُ مِنْ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ كُنْتُ أَعْلَمُ إِذَا انْصَرَفُوا بِذَلِكَ إِذَا سَمِعْتُهُ

796.  Telah menceritakan  kepada  kami  Ishaq bin Nashir berkata,  telah menceritakan kepada kami  Abdurrazaq  berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami  Ibnu  Juraij  berkata,  telah mengabarkan kepadaku 'Amru bahwa Abu Ma'bad mantan budak Ibnu 'Abbas, mengabarkan kepadanya  bahwa  Ibnu  'Abbas  radliallahu  'anhuma  mengabarkan  kepadanya,  bahwa mengeraskan suara dalam berdzikir setelah orang selesai menunaikah shalat fardlu terjadi di zaman  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam. Ibnu  'Abbas mengatakan, "Aku mengetahui  bahwa mereka telah selesai dari shalat itu karena aku mendengarnya."

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَمْرٌو قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو مَعْبَدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كُنْتُ أَعْرِفُ انْقِضَاءَ صَلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالتَّكْبِيرِ قَالَ عَلِيٌّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرٍو قَالَ كَانَ أَبُو مَعْبَدٍ أَصْدَقَ مَوَالِي ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَلِيٌّ وَاسْمُهُ نَافِذٌ

797.  Telah menceritakan  kepada kami 'Ali bin 'Abdullah berkata,  telah  menceritakan kepada kami Sufyan  telah  menceritakan kepada  kami  'Amru  berkata, telah  mengabarkan kepadaku Abu  Ma'bad  dari  Ibnu  'Abbas  radliallahu  'anhuma  berkata,  "Aku  mengetahui  selesainya shalat  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dari  suara  takbir."  'Ali  berkata,  telah  menceritakan kepada kami Sufyan dari 'Amru ia berkata, "Abu Ma'bad adalah salah satu budak Ibnu 'Abbas yang paling jujur." 'Ali berkata, "Nama aslinya adalah Nafidz."

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ سُمَيٍّ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ الْفُقَرَاءُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ مِنْ الْأَمْوَالِ بِالدَّرَجَاتِ الْعُلَا وَالنَّعِيمِ الْمُقِيمِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَلَهُمْ فَضْلٌ مِنْ أَمْوَالٍ يَحُجُّونَ بِهَا وَيَعْتَمِرُونَ وَيُجَاهِدُونَ وَيَتَصَدَّقُونَ قَالَ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ إِنْ أَخَذْتُمْ أَدْرَكْتُمْ مَنْ سَبَقَكُمْ وَلَمْ يُدْرِكْكُمْ أَحَدٌ بَعْدَكُمْ وَكُنْتُمْ خَيْرَ مَنْ أَنْتُمْ بَيْنَ ظَهْرَانَيْهِ إِلَّا مَنْ عَمِلَ مِثْلَهُ تُسَبِّحُونَ وَتَحْمَدُونَ وَتُكَبِّرُونَ خَلْفَ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَاخْتَلَفْنَا بَيْنَنَا فَقَالَ بَعْضُنَا نُسَبِّحُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَنَحْمَدُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَنُكَبِّرُ أَرْبَعًا وَثَلَاثِينَ فَرَجَعْتُ إِلَيْهِ فَقَالَ تَقُولُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ حَتَّى يَكُونَ مِنْهُنَّ كُلِّهِنَّ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ


798.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muhammad  bin  Abu  Bakar  berkata,  telah menceritakan  kepada  kami  Mu'tamir  dari  'Ubaidullah  dari  Sumayyah  dari  Abu  Shalih  dari Abu Hurairah  berkata,  "Pernah  datang  para fuqara  kepada  Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam seraya  berkata,  "Orang-orang  kaya,  dengan  harta  benda mereka  itu,  mereka  mendapatkan kedudukan  yang  tinggi,  juga  kenikmatan  yang  abadi.  Karena  mereka  melaksanakan  shalat seperti  juga  kami  melaksanakan  shalat.  Mereka  shaum  sebagaimana  kami  juga  shaum. Namun  mereka  memiliki  kelebihan  disebabkan  harta  mereka,  sehingga  mereka  dapat menunaikan  'ibadah  haji  dengan  harta  tersebut,  juga  dapat  melaksnakan  'umrah  bahkan dapat  berjihad  dan  bersedekah."  Maka  beliau  pun  bersabda:  "Maukah  aku  sampaikan kepada  kalian  sesuatu  yang  apabila  kalian  ambil  (sebagai  amal  ibadah)  kalian  akan  dapat melampaui  (derajat)  orang-orang  yang  sudah  mengalahkan  kalian tersebut,  dan  tidak  akan ada yang dapat mengalahkan kalian dengan amal ini sehingga kalian menjadi yang terbaik di antara kalian dan  di tengah-tengah mereka kecuali bila ada orang yang mengerjakan seperti yang  kalian  amalkan  ini.  Yaitu  kalian  membaca  tasbih  (Subhaanallah),  membaca  tahmid (Alhamdulillah)  dan  membaca  takbir  (Allahu Akbar)  setiap  selesai dari shalat  sebanyak  tiga puluh  tiga  kali."  Kemudian  setelah  itu  di  antara  kami  terdapat  perbedaan  pendapat.  Di antara kami ada  yang berkata,  "Kita  bertasbih  tiga puluh  tiga kali, lalu bertahmid  tiga puluh tiga  kali,  lalu  bertakbir empat  puluh  tiga  kali."  Kemudian  aku  kembali  menemui  Beliau shallallahu  'alaihi  wasallam,  beliau  lalu  bersabda:  "Bacalah  'Subhaanallah  walhamdulillah wallahu Akbar' hingga dari itu semuanya berjumlah tiga puluh tiga kali."

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ وَرَّادٍ كَاتِبِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ أَمْلَى عَلَيَّ الْمُغِيرَةُ بْنُ شُعْبَةَ فِي كِتَابٍ إِلَى مُعَاوِيَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ وَقَالَ شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ بِهَذَا وَعَنْ الْحَكَمِ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُخَيْمِرَةَ عَنْ وَرَّادٍ بِهَذَا وَقَالَ الْحَسَنُ الْجَدُّ غِنًى

799.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muhammad  bin  Yusuf  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Sufyan  dari  'Abdul  Malik  bin  'Umair  dari  Warrad  penulisnya  Al  Mughirah  bin Syu'bah,  berkata,  "  Al  Mughirah  bin  Syu'bah  meminta  aku  untuk  menulis  (hadits)  buat dikirim  kepada  Mu'awiyyah  bahwa  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  berdo'a  setiap  selesai dari shalat fardlu: 'LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU, LAHUL MULKU WA LAHUL  HAMDU  WA  HUWA  'ALAA  KULLI  SYAI'IN  QADIIR.  ALLAHUMMA  LAA  MAANI'A  LIMA A'THAITA WA  LAA MU'THIYA LIMA MANA'TA WA LAA  YANFA'U  DZAL JADDI MINKAL JADDU (Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang Tunggal dan tidak ada sekutu bagi- Nya. Milik-Nya segala kerajaan, dan milik-Nya segala pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menahan dari apa yang Engkau berikan dan dan tidak ada yang dapat memberi dari apa yang Engkau tahan. Dan tidak bermanfaat kekayaan orang yang  kaya  di  hadapan-Mu  sedikitpun)  '."  Syu'bah  berkata  dari  'Abdul  Malik  bin  'Umair dengan  lafadz  seperti  ini.  Dan  dari  Al  Hakam  dari  Al  Qasim  bin  Mukhaimirah  dari  Warrad dengan seperti ini juga. Al Hasan berkata, "Al Jaddu artinyaadalah kekayaan."

Bab: Imam Menghadap Makmum Setelah Memberi Salam

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو رَجَاءٍ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ

800.  Telah menceritakan kepada  kami Musa  bin  Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami  Jarir  bin  Hazim  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Raja'  dari  Samrah  bin Jundub berkata, "Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selesai dari menunaikan shalat, beliau menghadapkan wajahnya ke arah kami."

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ صَالِحِ بْنِ كَيْسَانَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّهُ قَالَ صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الصُّبْحِ بِالْحُدَيْبِيَةِ عَلَى إِثْرِ سَمَاءٍ كَانَتْ مِنْ اللَّيْلَةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ هَلْ تَدْرُونَ مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِي مُؤْمِنٌ بِي وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِي وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا فَذَلِكَ كَافِرٌ بِي وَمُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

801.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdullah  bin  Maslamah  dari  Malik  dari  Shalih  bin Kaisan  dari  'Ubaidullah  bin  'Abdullah  bin  'Utbah  bin  Mas'ud  dari  Zaid  bin  Khalid  Al  Juhaini bahwasanya  dia  berkata,  "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  memimpin  kami  shalat Shubuh  di  Hudaibiyyah  pada  suatu  malam  sehabis  turun  hujan.  Setelah  selesai  Beliau menghadapkan  wajahnya  kepada  orang  banyak  lalu  bersabda:  "Tahukah  kalian  apa  yang sudah  difirmankan  oleh  Rabb  kalian?"  Orang-orang  menjawab,  "Allah  dan  rasul-Nya  lebih mengetahui."  Beliau  bersabda:  '(Allah  berfirman):  'Di  pagi  ini  ada  hamba-hamba  Ku  yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir. Orang yang berkata, 'Hujan turun kepada kita karena karunia Allah  dan  rahmat-Nya', maka  dia  adalah yang beriman  kepada-Ku dan  kafir  kepada bintang-bintang. Adapun yang berkata, '(Hujan turun disebabkan) bintang ini atau itu', maka dia telah kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang-bintang'."

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُنِيرٍ سَمِعَ يَزِيدَ بْنَ هَارُونَ قَالَ أَخْبَرَنَا حُمَيْدٌ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ أَخَّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ ذَاتَ لَيْلَةٍ إِلَى شَطْرِ اللَّيْلِ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْنَا فَلَمَّا صَلَّى أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ فَقَالَ إِنَّ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا وَرَقَدُوا وَإِنَّكُمْ لَنْ تَزَالُوا فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرْتُمْ الصَّلَاةَ

802.  Telah  menceritakan  kepada  kami 'Abdullah bin  Munir dia  mendengar  Yazid  bin  Harun berkata, telah  mengabarkan  kepada  kami  Humaid  dari Anas  bin Malik  berkata,  "Pada  suatu malam  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  pernah  mengakhirkan  shalat  hingga pertengahan malam, lalu beliau  keluar  menemui  kami  (untuk melaksanakan shalat).  Selesai shalat  beliau  menghadap ke arah kami dan bersabda: "Manusia sudah selesai melaksanakan shalat  lalu mereka  tidur.  Dan  kalian akan tetqap dalan  hitungan  shalat  selama  kalian masih menunggu (pelaksanaan) shalat."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Adzan Arab dan Artinya Bagian 22

0 komentar:

Posting Komentar