Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 22

Kitab: Jum'at

Hadist Islam - Bab: Menjama' (Menggabungkan Pelaksanaan) Shalat Maghrib dan Isya'

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعْتُ الزُّهْرِيَّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ إِذَا جَدَّ بِهِ السَّيْرُ وَقَالَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ عَنْ الْحُسَيْنِ الْمُعَلِّمِ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَعَنْ حُسَيْنٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ حَفْصِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ فِي السَّفَرِ وَتَابَعَهُ عَلِيُّ بْنُ الْمُبَارَكِ وَحَرْبٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ حَفْصٍ عَنْ أَنَسٍ جَمَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1041.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Ali  bin  'Abdullah  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Sufyan  berkata,  Aku  mendengar  Az  Zuhriy  dari  Salim  dari  bapaknya  berkata: "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  pernah  menggabungkan  (menjama')  shalat  Maghrib  dan shalat  'Isya'  bila  terdesak  (tergesa-gesa)  dalam  perjalanan".  Dan  berkata,  Ibrahim  bin Thohman dari Al  Husain Al  Mu'alim dari  Yahya bin Abu Katsir dari  'Ikrimah  dari Ibnu  'Abbas radliallahu  'anhuma  berkata:  "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  pernah  menggabungkan shalat  Zhuhur  dan  shalat  'Ashar  bila  sedang  dalam  perjalanan  dan  menggabungkan  shalat Maghrib  dan  shalat  'Isya'.  Dan  dari  Husain  dari  Yahya  bin  Abu  Katsir  dari  Hafsh  bin 'Ubaidullah  bin  Anas  dari  Anas  bin  Malik  radliallahu  'anhu  berkata:  "Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam pernah menggabungkan shalat Maghrib dan shalat 'Isya' dalam perjalanan". Hadits ini diikuti pula oleh 'Ali bin Al Mubarak dan Harb dari Yahya dari Hafsh dari Anas bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjama'.
 
Bab:  Apakah  Tetap  Mengumandangkan  Adzan  dan  Iqamat  Ketika  Menjama' Maghrib dan 'Isya'

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ فِي السَّفَرِ يُؤَخِّرُ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْعِشَاءِ قَالَ سَالِمٌ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَفْعَلُهُ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ وَيُقِيمُ الْمَغْرِبَ فَيُصَلِّيهَا ثَلَاثًا ثُمَّ يُسَلِّمُ ثُمَّ قَلَّمَا يَلْبَثُ حَتَّى يُقِيمَ الْعِشَاءَ فَيُصَلِّيهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ وَلَا يُسَبِّحُ بَيْنَهُمَا بِرَكْعَةٍ وَلَا بَعْدَ الْعِشَاءِ بِسَجْدَةٍ حَتَّى يَقُومَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ

1042. Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Al  Yaman  berkata,  telah  mengabarkan  kepada kami Syu'aib dari Az Zuhriy berkata, telah mengabarkan kepada saya Salim dari 'Abdullah bin 'Umar  radliallahu  'anhu  berkata:  "Aku  melihat  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  jika perjalanan  mendesak,  Beliau  menangguhkan  shalat  Maghrib  dan  menggabungkannya bersama  shalat  'Isya'".  Berkata,  Salim:  "Dan  'Abdullah  bin  'Umar  radliallahu  'anhu mengerjakannya  juga  bila  terdesak  (tergesa-gesa)  dalam  perjalanan.  Beliau  hanya melaksanakan  shalat  Maghrib  sebanyak  tiga  raka'at  lalu  salam.  Kemudian berdiam  sejenak lalu  melaksanakan  shalat  'Isya'  sebanyak  dua  raka'at  dan  dia  tidak  menyelingi  diantara keduanya  dengan  shalat  sunnah  satu  raka'atpun  dan  juga  tidak  sesudahnya  hingga  Beliau bangun di penghujung malam (untuk shalat malam).

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا حَرْبٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنِي حَفْصُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ أَنَّ أَنَسًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَجْمَعُ بَيْنَ هَاتَيْنِ الصَّلَاتَيْنِ فِي السَّفَرِ يَعْنِي الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ

1043.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ishaq  telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdush Shamad bin 'Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Harb telah menceritakan kepada kami Yahya  berkata, telah  menceritakan kepada saya Hafsh bin 'Ubaidullah bin  Anas  bahwa Anas  radliallahu  'anhu  menceritakan  kepadanya  bahwa  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam  menjama'  (menggabungkan)  dua  shalat  ini  ketika  dalam  perjalanan,  yaitu  shalat Maghrib dan 'Isya'.

Bab:  Memundurkan  Pelaksanaan  Shalat  Zhuhur  Sampai  'Ashar  (Jama'  Ta'khir)  bila Berangkat Bepergian Sebelum Matahari Condong ke Arah Barat

حَدَّثَنَا حَسَّانُ الْوَاسِطِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا الْمُفَضَّلُ بْنُ فَضَالَةَ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا وَإِذَا زَاغَتْ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ

1044.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Hassan  Al  Waasithiy  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Al  Mufadhdhal  bin  Fadhalah  dari  'Uqail  dari  Ibnu  Syihab  dari  Anas  bin  Malik radliallahu  'anhu  berkata;  "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  bila  berangkat  bepergian sebelum  matahari  condong,  Beliau  shallallahu  'alaihi  wasallam  mengakhirkan  pelaksanaan shalat  zhuhur  hingga  waktu  shalat  'Ashar  lalu  menggabungkan  (jama')  keduanya.  Dan  bila berangkat  setelah  matahari  condong,  Beliau  laksanakan  shalat  Zhuhur  terlebih  dahulu kemudian setelah itu berangkat".

Bab:  Apabila  Berangkat  Bepergian  Setelah  Matahari  Condong  ke  Barat,  Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam Shalat Zhuhur Terlebih Dahulu

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا الْمُفَضَّلُ بْنُ فَضَالَةَ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا فَإِنْ زَاغَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ
1045.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Qutaibah  bin  Sa'id  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Al  Mufadhdhal  bin  Fadhalah  dari  'Uqail  dari  Ibnu  Syihab  dari  Anas  bin  Malikradliallahu  'anhu  berkata;  "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  bila  berangkat  bepergian sebelum  matahari  condong,  Beliau  shallallahu  'alaihi  wasallam  mengakhirkan  pelaksanaan shalat  zhuhur hingga  waktu shalat  'Ashar, lantas beliau singgah lalu menggabungkan (jama') keduanya. Dan bila  matahari  condong  sebelum  berangkat,  Beliau  laksanakan shalat Zhuhur terlebih dahulu kemudian setelah itu berangkat".

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 21

Bab: Shalat dengan Duduk

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ مَالِكٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَيْتِهِ وَهُوَ شَاكٍ فَصَلَّى جَالِسًا وَصَلَّى وَرَاءَهُ قَوْمٌ قِيَامًا فَأَشَارَ إِلَيْهِمْ أَنْ اجْلِسُوا فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا

1046. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id dari Malik dari Hisyam bin 'Urwah dari  bapaknya dari  'Aisyah radliallahu 'anha berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah shalat di  rumahnya  ketika  Belliau  sedang sakit hingga shalat  dengan duduk.  Saat itu di belakang Beliau ada  orang-orang mengikuti shalat dengan berdiri. Maka  Beliau memnberi isyarat  kepada  mereka  agar  shalat  dengan  duduk.  Setelah  selesai  Beliau  bersabda: "Sesungguhnya imam diangkat untuk diikuti. Maka bila dia ruku', ruku'lah  kalian dan bila dia mengangkat (kepala), maka angkatlah (kepala) kalian".

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَقَطَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فَرَسٍ فَخُدِشَ أَوْ فَجُحِشَ شِقُّهُ الْأَيْمَنُ فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ نَعُودُهُ فَحَضَرَتْ الصَّلَاةُ فَصَلَّى قَاعِدًا فَصَلَّيْنَا قُعُودًا وَقَالَ إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

1047.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Nu'aim  berkata,  telah  menceritakan  kepada kami Ibnu  'Uyainah  dari Az Zuhriy dari  Anas  bin  Malik radliallahu  'anhu  berkata;  "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah terjatuh dari kudanya dan mengalami cedera pada bagian kanan  badan  Beliau.  Saat  kami  datang  menjemput  Beliau,  tiba-tiba  masuk  waktu  shalat. Maka Beliau melaksanakan shalat dengan duduk, maka kami pun turut shalat dengan duduk. Maka  Beliau  bersabda: "Sesungguhnya  imam  diangkat untuk  diikuti.  Bila  ia  telah membaca takbir  maka  bertakbirlah  kalian  dan  bila  ia  telah  ruku',  ruku'lah  kalian  dan  bila  dia  telah bangkit berdiri, bangkitlah kalian dan bila ia berkata, sami'allahu liman hamidah, ucapkanlah oleh kalian: rabbanaa wa lakal hamdu".

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ أَخْبَرَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ أَخْبَرَنَا حُسَيْنٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ سَأَلَ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ عَنْ أَبِي بُرَيْدَةَ قَالَ حَدَّثَنِي عِمْرَانُ بْنُ حُصَيْنٍ وَكَانَ مَبْسُورًا قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلَاةِ الرَّجُلِ قَاعِدًا فَقَالَ إِنْ صَلَّى قَائِمًا فَهُوَ أَفْضَلُ وَمَنْ صَلَّى قَاعِدًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَائِمِ وَمَنْ صَلَّى نَائِمًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَاعِدِ

1048.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ishaq  bin  Manshur  berkata,  telah  mengabarkan kepada  kami  Rauh  bin  'Ubadah telah  mengabarkan  kepada  kami  Husain  dari  'Abdullah  bin Buraidah dari 'Imran  bin  Hushain  radliallahu 'anhu bahwa dia pernah  bertanya  kepada  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam,  dan  telah  mengabarkan  kepada  kami  Ishaq  berkata,  telah mengabarkan  kepada  kami  'Abdush  Shamad  berkata;  Aku  mendengar  Bapakku  berkata, telah  menceritakan  kepada  kami  Al  husain  dari  Abu  Buraidah  berkata,  telah  menceritakan kepada saya  'Imran bin Hushain radliallahu 'anhu yang saat itu sedang menderita  sakit wasir berkata;  Aku  pernah  bertanya  kepada  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  tentang seseorang yang melaksanakan shalat dengan duduk. Maka Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab:  "Jika  ia  shalat  dengan  berdiri  maka  itu  lebih  utama.  Dan  siapa  yang melaksanakan  shalat  dengan  duduk  maka  baginya  setengah  pahala  dari  orang  yang  shalat dengan  berdiri  dan  siapa  yang  shalat  dengan  tidur  (berbaring)  maka  baginya  setengah pahala orang yang shalat dengan duduk".

Bab: Shalat Orang Yang Duduk Dengan  Isyarat

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ الْمُعَلِّمُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ أَنَّ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ وَكَانَ رَجُلًا مَبْسُورًا وَقَالَ أَبُو مَعْمَرٍ مَرَّةً عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلَاةِ الرَّجُلِ وَهُوَ قَاعِدٌ فَقَالَ مَنْ صَلَّى قَائِمًا فَهُوَ أَفْضَلُ وَمَنْ صَلَّى قَاعِدًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَائِمِ وَمَنْ صَلَّى نَائِمًا فَلَهُ نِصْفُ أَجْرِ الْقَاعِدِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ نَائِمًا عِنْدِي مُضْطَجِعًا هَا هُنَا

1049.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Ma'mar  berkata,  telah  menceritakan  kepada kami  "Abdul  Warits  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  Husain  Al  Mu'alim  dari 'Abdullah  bin  Buraidah  bahwa  'Imran  bin  Hushain  radliallahu  'anhu  adalah  seorang  yang pernah  menderita  sakit  wasir.  Dan  suatu  kali  Abu  Ma'mar  berkata,  dari  Hushain  yang berkata;  Aku  pernah  bertanya  kepada  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  tentang  seseorang yang  melaksanakan  shalat  dengan  duduk.  Maka  Beliau  shallallahu  'alai hi  wasallam menjawab:  "Siapa  yang  shalat  dengan  berdiri  maka  itu  lebih  utama.  Dan  siapa  yang
melaksanakan  shalat  dengan  duduk  maka  baginya  setengah  pahala  dari  orang  yang  shalat dengan  berdiri  dan  siapa  yang  shalat  dengan  tidur  (berbaring)  maka  baginya  setengah pahala  orang  yang  shalat  dengan  duduk".  Berkata,  Abu  'Abdullah;  "Menurutku  yang dimaksud dengan tidur adalah berbaring."

Bab: Jika Tidak Mampu Duduk, Maka Shalat Dengan Berbaring

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ طَهْمَانَ قَالَ حَدَّثَنِي الْحُسَيْنُ الْمُكْتِبُ عَنْ ابْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَتْ بِي بَوَاسِيرُ فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الصَّلَاةِ فَقَالَ صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ

1050.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdan  dari  'Abdullah  dari  Ibrahim  bin  Thohman berkata, telah menceritakan kepada saya Al Husain  Al Muktib dari  Abu Buraidah  dari 'Imrah bin  Hushain  radliallahu  'anhu  berkata:  "Suatu  kali  aku  menderita  sakit  wasir  lalu  aku tanyakan  kepada  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  tentang  cara  shalat.  Maka  Beliau shallallahu  'alaihi  wasallam  menjawab:  "Shalatlah  dengan  berdiri,  jika  kamu  tidak  sanggup lakukanlah  dengan  duduk  dan  bila  tidak  sanggup  juga  lakukanlah  dengan  berbaring  pada salah satu sisi badan".
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 22

0 komentar:

Posting Komentar