Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 2

Kitab: Shalat

Hadist Islam - Bab: Apabila pakaian yang dikenakan untuk shalat sempit

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ صَالِحٍ قَالَ حَدَّثَنَا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ سَأَلْنَا جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ الصَّلَاةِ فِي الثَّوْبِ الْوَاحِدِ فَقَالَ خَرَجْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ فَجِئْتُ لَيْلَةً لِبَعْضِ أَمْرِي فَوَجَدْتُهُ يُصَلِّي وَعَلَيَّ ثَوْبٌ وَاحِدٌ فَاشْتَمَلْتُ بِهِ وَصَلَّيْتُ إِلَى جَانِبِهِ فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ مَا السُّرَى يَا جَابِرُ فَأَخْبَرْتُهُ بِحَاجَتِي فَلَمَّا فَرَغْتُ قَالَ مَا هَذَا الِاشْتِمَالُ الَّذِي رَأَيْتُ قُلْتُ كَانَ ثَوْبٌ يَعْنِي ضَاقَ قَالَ فَإِنْ كَانَ وَاسِعًا فَالْتَحِفْ بِهِ وَإِنْ كَانَ ضَيِّقًا فَاتَّزِرْ بِهِ

348.  Telah  menceritakan kepada kami Yahya  bin  Shalih berkata, telah menceritakan kepada kami  Fulaih  bin  Sulaiman  dari  Sa'id  bin  Al  Harits  berkata,  "Kami  bertanya  kepada  Jabir  bin 'Abdullah  tentang  shalat  dengan  mengenakan  satu  lembar  kain.  Maka  ia  menjawab,  "Akupernah  shalat  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dalam  salah  satu  perjalanannya. Pada suau malamnya aku datang untuk keperluanku. Saat itu aku dapati beliau sedang shalat dengan  mengenakan  satu  kain.  Maka  aku  bergabung  dengan  beliau  dan  shalat disampingnya. Setelah selesai beliau bertanya: "Ada urusan apa (malam-malam begini) kamudatang  wahai  Jabir?"  Maka  aku  sampaikan  keperluanku kepada  beliau.  Setelah  aku  selesai, beliau  berkata:  "Kenapa  aku  lihat  kamu  menyelimutkan  (kain)  seperti  ini?  '  Aku  jawab, "Kainku sempit!" Beliau bersabda: "Jika kain itu lebar maka diikatkanlah dari pundak, namun bila sempit maka cukup dikenakan (sebatas untuk menutup aurat)."

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ سُفْيَانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كَانَ رِجَالٌ يُصَلُّونَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَاقِدِي أُزْرِهِمْ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ كَهَيْئَةِ الصِّبْيَانِ وَيُقَالُ لِلنِّسَاءِ لَا تَرْفَعْنَ رُءُوسَكُنَّ حَتَّى يَسْتَوِيَ الرِّجَالُ جُلُوسًا

349.  Telah menceritakan  kepada kami Musaddad berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Yahya  dari  Sufyan  berkata,  telah  menceritakan  kepadaku  Abu  Hazim  dari  Sahal  bin  Sa'd berkata,  "Kaum  laki-laki  shalat  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dengan mengikatkan kain pada leher-leher mereka seperti bayi. Lalu dikatakan kepada kaum wanita: "Janganlah kalian mengangkat kepala kalian hingga para laki-laki telah duduk."

Bab: Shalat dengan menggunakan jubah buatan negeri Syam

حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ مُسْلِمٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ مُغِيرَةَ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَقَالَ يَا مُغِيرَةُ خُذْ الْإِدَاوَةَ فَأَخَذْتُهَا فَانْطَلَقَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى تَوَارَى عَنِّي فَقَضَى حَاجَتَهُ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ شَأْمِيَّةٌ فَذَهَبَ لِيُخْرِجَ يَدَهُ مِنْ كُمِّهَا فَضَاقَتْ فَأَخْرَجَ يَدَهُ مِنْ أَسْفَلِهَا فَصَبَبْتُ عَلَيْهِ فَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ ثُمَّ صَلَّى


350.  Telah menceritakan  kepada  kami  Yahya  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Muslim dari Masruq dari Mughirah bin Syu'bah berkata, "Aku pernah  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dalam  suatu  perjalanan, beliau  bersabda: "Wahai  Mughirah,  ambilkan  segayung  air."  Aku  lalu  mencari kan  air  untuk  beliau,  dan Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  pergi  manjuah  hingga  tidak  terlihat  olehku  untuk buang  hajat.  Saat  itu  beliau  mengenakan  jubah  lebar,  beliau  berusaha  mengeluarkan tangannya  lewat  lubang lengan  namun terlalu  sempit.  Lalu be liau  mengeluarkan  tangannya mlewat  bawah  jubahnya,  lantas  aku  sodorkan  segayung  air  kemudian  beliau  berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat dengan mengusap kedua sepatunya lalu shalat."

Bab:  Tidak  disukainya  badan  terbuka  (selain  penu tup  aurat)  ketika  shalat  dan  juga di luar shalat

حَدَّثَنَا مَطَرُ بْنُ الْفَضْلِ قَالَ حَدَّثَنَا رَوْحٌ قَالَ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّاءُ بْنُ إِسْحَاقَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَنْقُلُ مَعَهُمْ الْحِجَارَةَ لِلْكَعْبَةِ وَعَلَيْهِ إِزَارُهُ فَقَالَ لَهُ الْعَبَّاسُ عَمُّهُ يَا ابْنَ أَخِي لَوْ حَلَلْتَ إِزَارَكَ فَجَعَلْتَ عَلَى مَنْكِبَيْكَ دُونَ الْحِجَارَةِ قَالَ فَحَلَّهُ فَجَعَلَهُ عَلَى مَنْكِبَيْهِ فَسَقَطَ مَغْشِيًّا عَلَيْهِ فَمَا رُئِيَ بَعْدَ ذَلِكَ عُرْيَانًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

351.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Mathar  bin  Al  Fadlal  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Rauh  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  Zakaria  bin  Ishaq  telah menceritakan  kepada  kami  'Amru  bin  Dinar  berkata,  aku  mendengar  Jabir  bin  'Abdullah menceritakan  bahwa  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  bersama  orang-orang  Quraisy memindahkan batu Ka'bah sementara saat itu beliau mengenakan kain lebar." Pamannya, Al 'Abbas,  lalu  berkata  kepadanya,  "Wahai  anak  saudaraku,  seandainya  kainmu  engkau letakkan pada pundakmu tentu batu akan lebih ringan. Maka beliau lepas dan dipakaikannya di  pundaknya, tiba-tiba  beliau terjatuh dan  pingsan.  Setelah  peristiwa itu tidak  pernah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terlihat telanjang."

Bab:  Shalat  d engan  menggunakan  kemeja,  celana  panjang,  celana  dalam,  dan selendang

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَامَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنْ الصَّلَاةِ فِي الثَّوْبِ الْوَاحِدِ فَقَالَ أَوَكُلُّكُمْ يَجِدُ ثَوْبَيْنِ ثُمَّ سَأَلَ رَجُلٌ عُمَرَ فَقَالَ إِذَا وَسَّعَ اللَّهُ فَأَوْسِعُوا جَمَعَ رَجُلٌ عَلَيْهِ ثِيَابَهُ صَلَّى رَجُلٌ فِي إِزَارٍ وَرِدَاءٍ فِي إِزَارٍ وَقَمِيصٍ فِي إِزَارٍ وَقَبَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ وَرِدَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ وَقَمِيصٍ فِي سَرَاوِيلَ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ وَقَمِيصٍ قَالَ وَأَحْسِبُهُ قَالَ فِي تُبَّانٍ وَرِدَاءٍ

352.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Sulaiman  bin  Harb  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Hammad  bin  Zaid  dari  Ayyub  dari  Muhammad  dari  Abu  Hurairah  berkata, "Seorang  laki-laki  datang  dan  bertanya  kepada  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam tentang  shalat  dengan  menggunakan  satu  lembar  baju.  Maka  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam  pun  bersabda:  "Apakah  setiap  kalian  memiliki  dua  helai  baju?"  Kemudian  ada seseorang  bertanya  kepada  'Umar,  lalu  ia  menjawab,  "Jika  Allah  memberi  kelapangan (kemudahan),  maka  pergunakanlah."  Bila  seseorang  memiliki  banyak  pakaian,  maka  dia shalat  dengan  pakaiannya  itu.  Ada  yang  shalat  dengan  memakai  kain  dan  rida  (selendang besar),  ada  yang  memakai  kain  dan  gamis  (baju  panjang  sampai  kaki),  ada  yang  memakai kain  dan  baju,  ada  yang  memakai  celana  panjang  dan  rida',  ada  yang  memakai  celana panjang  dan  gamis,  ada yang memakai  celana  panjang  dan  baju,  ada yang  memakai  celana pendek  dan  rida',  ada  yang  memakai  celana  pendek  dan  gamis."  Abu  Hurairah  berkata, "Menurutku 'Umar mengatakan, "Dan ada yang memakai celana pendek dan rida'."

حَدَّثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ سَأَلَ رَجُلٌ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ فَقَالَ لَا يَلْبَسُ الْقَمِيصَ وَلَا السَّرَاوِيلَ وَلَا الْبُرْنُسَ وَلَا ثَوْبًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ وَلَا وَرْسٌ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ النَّعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ الْخُفَّيْنِ وَلْيَقْطَعْهُمَا حَتَّى يَكُونَا أَسْفَلَ مِنْ الْكَعْبَيْنِ وَعَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ

353.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Ashim  bin  'Ali  berkata,  telah  menceritakan  kepada kami  Ibnu  Abu  Dzi'b  dari  Az  Zuhri  dari  Salim  dari  Ibnu  'Umar  berkata,  "Ada  seseorang bertanya  kepada  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam,  "Apa  yang  harus  dikenakan  oleh seseorang  saat  ihram?"  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  menjawab:  "Dia  tidak  boleh mengenakan  baju,  celana,  mantel  dan  tidak  boleh  pula  pakaian  yang  diberi  minyak  wangi atau  wewangian  dari  daun  tumbuhan.  Dan  siapa  yang  tidak  memiliki  sandal,  ia  boleh mengenakan  sepatu  tapi  hendaklah  dipotong  hingga  berada  dibawah  mata  kaki."  Dan  dari Nafi' dari Ibnu 'Umar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti ini juga."

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 1

Bab: Sesuatu yang digunakan untuk menutup aurat

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا لَيْثٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اشْتِمَالِ الصَّمَّاءِ وَأَنْ يَحْتَبِيَ الرَّجُلُ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ لَيْسَ عَلَى فَرْجِهِ مِنْهُ شَيْءٌ

354.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Qutaibah  bin  Sa'id  berkata,  telah  menceritakan kepada kami Laits dari Ibnu Syihab dari 'Ubaidullah bin 'Abdullah bin 'Utbah dari Abu Sa'id Al Khudri  bahwa  ia  berkata,  "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  melarang  seseorang mengenakan  pakaian  shama`  (berselimut  sehingga  seluruh  bagian  badannya  tertutup)  dan melarang  seseorang  duduk  ihtiba`  dengan  selembar  kain  hingga  tidak  ada  yang  menutupi bagian kemaluannya."

حَدَّثَنَا قَبِيصَةُ بْنُ عُقْبَةَ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ بَيْعَتَيْنِ عَنْ اللِّمَاسِ وَالنِّبَاذِ وَأَنْ يَشْتَمِلَ الصَّمَّاءَ وَأَنْ يَحْتَبِيَ الرَّجُلُ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ

355.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Qabishah  bin  'Uqbah  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Sufyan  dari  Abu  Az  Zinad  dari  Al  A'raj  dari  Abu  Hurairah  berkata,  "Nabi shallallahu 'alaihi  wasallam melarang  dua macam jual  beli; jual beli Al Limas dan An  Nibadz. Dan  melarang  dari  dua  cara  berpakaian;  berpakaian  shama`  dan  seorang  laki-laki  duduk ihtiba dengan mengenakan satu kain."

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَخِي ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَمِّهِ قَالَ أَخْبَرَنِي حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ بَعَثَنِي أَبُو بَكْرٍ فِي تِلْكَ الْحَجَّةِ فِي مُؤَذِّنِينَ يَوْمَ النَّحْرِ نُؤَذِّنُ بِمِنًى أَنْ لَا يَحُجَّ بَعْدَ الْعَامِ مُشْرِكٌ وَلَا يَطُوفَ بِالْبَيْتِ عُرْيَانٌ قَالَ حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ثُمَّ أَرْدَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلِيًّا فَأَمَرَهُ أَنْ يُؤَذِّنَ بِبَرَاءَةٌ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ فَأَذَّنَ مَعَنَا عَلِيٌّ فِي أَهْل مِنًى يَوْمَ النَّحْرِ لَا يَحُجُّ بَعْدَ الْعَامِ مُشْرِكٌ وَلَا يَطُوفُ بِالْبَيْتِ عُرْيَانٌ

356.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ishaq  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Ya'qub  bin Ibrahim  berkata, telah  menceritakan kepada kami  anak saudara  Ibnu Syihab dari Pamannya berkata, telah mengabarkan kepadaku Humaid  bin 'Abdurrahman bin 'Auf bahwa Abu  Hurairah  berkata,  "Pada  hari  Nahr  (Idul  Adlha)  Abu  Bakar  mengutusku  kepada  para pemberi pengumuman saat pelaksanaan haji, di Mina  kami umumkan bahwa orang Musyrik tidak  boleh  berhaji  setelah  tahun  ini  dan  tidak  boleh  thawaf  dengan  keadaan  telanjang." Humaid  bin  'Abdurrahman  berkata,  "Kemudian  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam membonceng  Ali pada  tunggangannya dan  memerintahkannya  untuk  mengumumkan  surat Al Bara'ah (At-Taubah)." Abu Hurairah berkata, "'Ali lalu  mengumumkan bersama kami pada penduduk Mina di hari Nahar, bahwa orang Musyrik tidak boleh berhaji setelah tahun ini dan tidak boleh thawaf dengan keadaan telanjang."

Bab: Shalat tanpa meggunakan rida' (selendang yang lebar)

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي الْمَوَالِي عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ وَهُوَ يُصَلِّي فِي ثَوْبٍ مُلْتَحِفًا بِهِ وَرِدَاؤُهُ مَوْضُوعٌ فَلَمَّا انْصَرَفَ قُلْنَا يَا أَبَا عَبْدِ اللَّهِ تُصَلِّي وَرِدَاؤُكَ مَوْضُوعٌ قَالَ نَعَمْ أَحْبَبْتُ أَنْ يَرَانِي الْجُهَّالُ مِثْلُكُمْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي هَكَذَا


357.  Telah  menceritakan  kepada  kami 'Abdul  Aziz bin 'Abdullah  berkata, telah menceritakan kepadaku  Ibnu  Abu  Al  Mawali  dari  Muhammad  bin  Al  Munkadir  berkata,  "Aku  masuk menemui Jabir  bin  'Abdullah yang saat  itu  sedang  shalat  dengan  menggunakan  kain  sarung yang  diikatkannya  pada  tengkuk,  sedangkan  pakaiannnya  diletakkan  pada  gantungan  baju. Setelah  selesai  kami  bertanya,  "Wahai  Abu  'Abdullah,  bagaimana  kamu  shalat  sedangkan kain  rida'  (selendang)  mu  kau  gantung  pada  gantungan  baju?  '  Maka  Jabir  menjawab, "Benar. Sesungguhnya aku senang bila berbuat seperti itu agar bisa dilihat oleh orang bodoh seperti  kamu.  Aku  pernah  melihat  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat  dengan  cara seperti itu."

Bab: Masalah berkenaan paha (apakah termasuk aurat?)


حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عُلَيَّةَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَزَا خَيْبَرَ فَصَلَّيْنَا عِنْدَهَا صَلَاةَ الْغَدَاةِ بِغَلَسٍ فَرَكِبَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَكِبَ أَبُو طَلْحَةَ وَأَنَا رَدِيفُ أَبِي طَلْحَةَ فَأَجْرَى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي زُقَاقِ خَيْبَرَ وَإِنَّ رُكْبَتِي لَتَمَسُّ فَخِذَ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ حَسَرَ الْإِزَارَ عَنْ فَخِذِهِ حَتَّى إِنِّي أَنْظُرُ إِلَى بَيَاضِ فَخِذِ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا دَخَلَ الْقَرْيَةَ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ خَرِبَتْ خَيْبَرُ إِنَّا إِذَا نَزَلْنَا بِسَاحَةِ قَوْمٍ { فَسَاءَ صَبَاحُ الْمُنْذَرِينَ } قَالَهَا ثَلَاثًا قَالَ وَخَرَجَ الْقَوْمُ إِلَى أَعْمَالِهِمْ فَقَالُوا مُحَمَّدٌ قَالَ عَبْدُ الْعَزِيزِ وَقَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَالْخَمِيسُ يَعْنِي الْجَيْشَ قَالَ فَأَصَبْنَاهَا عَنْوَةً فَجُمِعَ السَّبْيُ فَجَاءَ دِحْيَةُ الْكَلْبِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَقَالَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَعْطِنِي جَارِيَةً مِنْ السَّبْيِ قَالَ اذْهَبْ فَخُذْ جَارِيَةً فَأَخَذَ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَعْطَيْتَ دِحْيَةَ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ سَيِّدَةَ قُرَيْظَةَ وَالنَّضِيرِ لَا تَصْلُحُ إِلَّا لَكَ قَالَ ادْعُوهُ بِهَا فَجَاءَ بِهَا فَلَمَّا نَظَرَ إِلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خُذْ جَارِيَةً مِنْ السَّبْيِ غَيْرَهَا قَالَ فَأَعْتَقَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتَزَوَّجَهَا فَقَالَ لَهُ ثَابِتٌ يَا أَبَا حَمْزَةَ مَا أَصْدَقَهَا قَالَ نَفْسَهَا أَعْتَقَهَا وَتَزَوَّجَهَا حَتَّى إِذَا كَانَ بِالطَّرِيقِ جَهَّزَتْهَا لَهُ أُمُّ سُلَيْمٍ فَأَهْدَتْهَا لَهُ مِنْ اللَّيْلِ فَأَصْبَحَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَرُوسًا فَقَالَ مَنْ كَانَ عِنْدَهُ شَيْءٌ فَلْيَجِئْ بِهِ وَبَسَطَ نِطَعًا فَجَعَلَ الرَّجُلُ يَجِيءُ بِالتَّمْرِ وَجَعَلَ الرَّجُلُ يَجِيءُ بِالسَّمْنِ قَالَ وَأَحْسِبُهُ قَدْ ذَكَرَ السَّوِيقَ قَالَ فَحَاسُوا حَيْسًا فَكَانَتْ وَلِيمَةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

358.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ya'qub  bin  Ibrahim  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Ima'il  bin  'Ulayyah  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdul  'Aziz  bin Shuhaib  dari  Anas  bin  Malik  bahwa  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  berperang  di Khaibar.  Maka  kami  melaksanakan  shalat  shubuh  di  sana  di  hari  yang  masih  sangat  gelap, lalu  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dan  Abu  Thalhah  mengendarai  tunggangannya,

sementara  aku  memboncenmg  Abu  Thalhah. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu melewati jalan sempit di Khaibar dan saat itu sungguh lututku menyentuh paha Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Lalu beliau  menyingkap sarung  dari pahanya hingga  aku  dapat melihat paha Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  yang  putih.  Ketika  memasuki  desa  beliau  bersabda:  "Allahu Akbar, binasalah Khaibar dan penduduknya! Sungguh,  jika kami mendatangi halaman suatu Kaum, maka (amat  buruklah pagi hari yang dialami oleh orang-orang yang diperingatkan itu) '  (Qs.  Asf  Shaffaat:  177).  Beliau  mengucapkan  kalimat  ayat  ini  tiga  kali."  Anas  bin  Malik melanjutkan,  "(Saat  itu)  orang-orang  keluar  untuk  bekerja,  mereka  lantas  berkata, 'Muhammad datang! ' 'Abdul 'Aziz berkata, "Sebagian sahabat kami menyebutkan, "Pasukan (datang)! ' Maka kami pun menaklukan mereka, para tawanan lantas dikumpukan. Kemudian datanglah  Dihyah  Al  Kalbi  seraya  berkata,  "Wahai  Nabi  Allah,  berikan  aku  seorang  wanita dari  tawanan  itu!"  Maka  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  berkata,  "Pergi  dan  bawalah seorang  tawanan  wanita."  Dihyah  lantas  mengambil  Shafiyah  binti  Huyai.  Tiba-tiba  datang seseorang  kepada  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  dan  berkata,  "Wahai  Nabi  Allah,  Tuan telah  memberikan  Shafiyah  binti  Huyai  kepada  Dihyah!  Padahal  dia  adalah  wani ta  yang terhormat dari  suku  Quraizhoh dan suku  Nadlit.  Dia tidak layak  kecuali untuk  Tuan." Beliau lalu  bersabda:  "Panggillah  Dihyah  dan  wanita  itu."  Maka  Dihyah  datang  dengan  membawa Shafiah.  Tatkala  Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam  melihat  Shafiah, beliau  berkata,  "Ambillah wanita  tawanan yang  lain selain dia."  Lalu Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam  memerdekakan wanita  tersebut  dan  menikahinya."  Tsabit  berkata  kepada  Anas  bin  Malik,  "Apa  yang menjadi  maharnya?"  Anas  menjawab,  "Maharnya  adalah  kemerdekaan  wanita  itu,  beliau memerdekakan  dan  menikahinya."  Saat berada diperjalanan,  Ummu  Sulaim  merias Shafiah lalu  menyerahkannya  kepada  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  saat  malam  tiba,  sehingga jadilah beliau pengantin.  Beliau lalu  bersabda: "Siapa  saja dari  kalian  yang memeliki sesuatu hendaklah  ia  bawa  kemari."  Beliau  lantas  menggelar  hamparan  terbuat  dari  kulit,  lalu berdatanganlah orang-orang dengan membawa apa yang mereka miliki. Ada yang membawa kurma  dan  ada  yang  membawa  keju/lemak."  Anas  mengatakan,  "Aku  kira  ia  juga menyebutkan sawiq (makanan  yang  dibuat  dari  biji gandung  dan  adonan tepung  gandum). Lalu  Nabi  shallallahu 'alaihi  wasallam  mencampur  makanan-makanan  tersebut.  Maka  itulah walimahan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Shalat Arab dan Artinya Bagian 2

0 komentar:

Posting Komentar