Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 20

Kitab: Jum'at

Hadist Islam - Bab:  Berapa  Lama  Nabi  Shallallahu  'alaihi  wa  salam  Tingal  di  Makkah  Ketika Menunaikan Hajji


حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ قَالَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ الْبَرَّاءِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابُهُ لِصُبْحِ رَابِعَةٍ يُلَبُّونَ بِالْحَجِّ فَأَمَرَهُمْ أَنْ يَجْعَلُوهَا عُمْرَةً إِلَّا مَنْ مَعَهُ الْهَدْيُ تَابَعَهُ عَطَاءٌ عَنْ جَابِرٍ

1023. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami Wuhaib  berkata,  telah menceritakan kepada  kami  Ayyub dari  Abu  Al  'Aliyah  Al  Barra' dari  Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata: "Pernah Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  dan para  sahabatnya  datang  pada  shubuh  keempat  yang ketika  itu mereka  niyatkan  untuk  haji, lantas  Beliau memerintahkan mereka agar  menjadikannya sebagai 'umrah kecuali bagi  siapa yang membawa hewan sembelihan". Hadits ini juga diikuti oleh 'Atho' dari Jabir.
 
Bab: Berapa Jarak Perjalanan Yang Membolehkan Mengqashar Shalat

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي أُسَامَةَ حَدَّثَكُمْ عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُسَافِرْ الْمَرْأَةُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ

1024. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hanzholah berkata; Aku berkata, kepada  Abu  Usamah  apakah  'Ubaidullah  telah  menceritakan  kepada  kalian  dari  Nafi'  dari Ibnu 'Umar  radliallahu 'anhuma bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang wanita tidak boleh mengadakan perjalanan diatas tiga hari kecuali bersama mahramnya".

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنِي نَافِعٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُسَافِرْ الْمَرْأَةُ ثَلَاثًا إِلَّا مَعَ ذِي مَحْرَمٍ تَابَعَهُ أَحْمَدُ عَنْ ابْنِ الْمُبَارَكِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

1025. Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya  dari  'Ubaidullah  telah  mengabarkan  kepada  saya  Nafi'  dari  Ibnu  'Umar  radliallahu 'anhuma  dari  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  bersabda:  "Seorang  wanita  tidak  boleh mengadakan perjalanan diatas tiga hari kecuali bersama mahramnya".  Hadits ini diikuti  pula oleh  Ahmad  dari  Ibnu  Al  Mubarak  dari  'Ubaidullah  dari  Nafi'  dari  Ibnu  'Umar  radliallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَحِلُّ لِامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ تُسَافِرَ مَسِيرَةَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ لَيْسَ مَعَهَا حُرْمَةٌ تَابَعَهُ يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ وَسُهَيْلٌ وَمَالِكٌ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

1026. Telah menceritakan kepada kami Adam berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu  Dza'bi  berkata,  Said  Al  Maqbariy  dari  bapaknya  dari  Abu  Hurairah  radliallahu  'anhua berkata; Telah  bersabda Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam;  "Tidak halal seorang  wanita yang beriman  kepada  Allah  dan  hari  akhir  untuk  mengadakan  perjalanan  selama  satu  hari  satu tanpa  didampingi  mahramnya".  Hadits ini  diikuti  pula  oleh Yahya bin Abu Katsir, Suhail dan Malik  dari  Al  Maqburiy  dari  Abu  Hurairah  radliallahu  'anhu  dari  Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam.

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 19

Bab: Mengqashar Shalat Ketika Sudah Keluar dari Tempat Tinggal

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ وَإِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ صَلَّيْتُ الظُّهْرَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا وَبِذِي الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ
1027.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Nu'aim  berkata,  telah  menceritakan  kepada kami Sufyan dari Muhammad bin Al Munkadir dan Ibrahim bin Maisarah dari Anas bin Malik radliallahu  'anhu  berkata:  "Aku  shalat  Zhuhur  bersama  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  di Madinah sebanyak empat raka'at sedangkan ketika di Dzul Hulaifah dua raka'at".

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ الصَّلَاةُ أَوَّلُ مَا فُرِضَتْ رَكْعَتَيْنِ فَأُقِرَّتْ صَلَاةُ السَّفَرِ وَأُتِمَّتْ صَلَاةُ الْحَضَرِ قَالَ الزُّهْرِيُّ فَقُلْتُ لِعُرْوَةَ مَا بَالُ عَائِشَةَ تُتِمُّ قَالَ تَأَوَّلَتْ مَا تَأَوَّلَ عُثْمَانُ

1028.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Abdullah  bin  Muhammad  berkata,  telah menceritakan  kepada  kami  Sufyan  dari  Az  Zuhriy  dari  'Urwah  dari  'Aisyah  radliallahu  'anha berkata:  "Awal  mula  diwajibkannya  shalat  sebanyak  dua  raka'at.  Kemudian  ketentuan  ini ditetapkan  untuk  shalat  safar  (dalam  bepergian)  dan  disempurnakan  bagi  shalat  di  tempat tinggal  (mukim)  ".  Berkata,  Az  Zuhriy:  "Aku  bertanya  kepada  'Urwah:  "Mengapa  'Aisyah radliallahu  'anha  menyempurnakan?"  'Urwah  menjawab:  "Dia  mengikuti  seperti  yang dilakukan 'Utsman".

Bab: Shalat Maghrib Tetap Dilaksanakan denganTiga Raka'at Ketika Bepergian

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ فِي السَّفَرِ يُؤَخِّرُ الْمَغْرِبَ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْعِشَاءِ قَالَ سَالِمٌ وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَفْعَلُهُ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ وَزَادَ اللَّيْثُ قَالَ حَدَّثَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ سَالِمٌ كَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِالْمُزْدَلِفَةِ قَالَ سَالِمٌ وَأَخَّرَ ابْنُ عُمَرَ الْمَغْرِبَ وَكَانَ اسْتُصْرِخَ عَلَى امْرَأَتِهِ صَفِيَّةَ بِنْتِ أَبِي عُبَيْدٍ فَقُلْتُ لَهُ الصَّلَاةَ فَقَالَ سِرْ فَقُلْتُ الصَّلَاةَ فَقَالَ سِرْ حَتَّى سَارَ مِيلَيْنِ أَوْ ثَلَاثَةً ثُمَّ نَزَلَ فَصَلَّى ثُمَّ قَالَ هَكَذَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ يُؤَخِّرُ الْمَغْرِبَ فَيُصَلِّيهَا ثَلَاثًا ثُمَّ يُسَلِّمُ ثُمَّ قَلَّمَا يَلْبَثُ حَتَّى يُقِيمَ الْعِشَاءَ فَيُصَلِّيهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ وَلَا يُسَبِّحُ بَعْدَ الْعِشَاءِ حَتَّى يَقُومَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ

1029. Telah  menceritakan  kepada  kami  Abu  Al  Yaman  berkata,  telah  mengabarkan  kepada kami Syu'aib dari Az Zuhriy berkata, telah mengabarkan kepada saya Salim dari 'Abdullah bin 'Umar  radliallahu  'anhu  berkata:  "Aku  melihat  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  jika perjalanan  mendesak,  Beliau  menangguhkan  shalat  Maghrib  dan  menggabungkannya bersama  shalat  'Isya'".  Berkata,  Salim:  "Dan  'Abdullah  bin  'Umar  radliallahu  'anhu mengerjakannya  juga bila terdesak (tergesa-gesa) dalam perjalanan".  Al Laits menambahkan dan  berkata,  telah  menceritakan  kepada  saya  Yunus  dari  Ibnu  Syihab;  Salim  berkata:  Ibnu 'Umar  radliallahu  'anhuma  menggabungkan  antara  shalat  Maghrib  dan  'Isya' saat berada di Muzdalifah.  Salim  berkata,  lagi;  "Ibnu  'Umar  radliallahu  'anhuma  mengakhirkan  shalat Maghrib  karena  hendak  menolong  isterinya  Shafiyah  binti  Abu  'Ubaid  (yang  sedang  sakit). Aku  katakan  kepadanya;  "Mari  kita  dirikan  shalat?!".  Dia  menjawab:  "Terus  saja  berjalan". Aku  katakan  lagi;  "  Mari  kita dirikan shalat?!".  Dia menjawab: "Terus  saja berjalan".  Hingga ketika perjalanan sudah mencapai dua atau tiga mil, dia turun lalu mendirikan shalat. Setelah selesai  dia  berkata:  "Beginilah,  aku  pernah  melihat  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam melaksanakan  shalat  bila  dalam  keadaan  terdesak  dalam  perjalanannya".  Dan  berkata, 'Abdullah  bin  'Umar  radliallahu  'anhu:  "Aku  melihat  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  jika perjalanan mendesak, Beliau menangguhkan shalat  Maghrib, kemudian Beliau mengerjakan tiga  raka'at  lalu  salam.  Kemudian  diam  sejenak  lalu  mengerjakan  shalat  'Isya'  dengan  dua raka'at  lalu  salam.  Beliau  tidak  bertasbih  (mengerjakan  shalat  sunnah)  setelah  shalat  'Isya' hingga Beliau bangun di penghujung malam".

Bab: Shalat Sunnah di atas Kendaraan dan Mengh adap Mengikuti Arah Kendaraan

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى قَالَ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ

1030.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Ali  bin  'Abdullah  berkata,  telah  menceritakan kepada kami 'Abdul 'Abdullah'laa  berkata,  telah menceritakan  kepada kami Ma'mar dari  Az Zuhriy  dari  'Abdullah  bin  'Amir  bin  Rabi'ah  dari  bapaknya  berkata;  "Aku  melihat  Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat  diatas  hewan  tunggangannya  kearah  mana  saja  hewan tunggangannya berjalan".
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 20

0 komentar:

Posting Komentar