Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 4

Kitab: Jum'at

Hadist Islam - Bab:  Larangan  Menyuruh  Orang  Lain  Pindah  dari  Tempat  Duduknya  Lalu Menempati Tempat Duduk Tersebut

حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ سَلَّامٍ قَالَ أَخْبَرَنَا مَخْلَدُ بْنُ يَزِيدَ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ سَمِعْتُ نَافِعًا يَقُولُ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُقِيمَ الرَّجُلُ أَخَاهُ مِنْ مَقْعَدِهِ وَيَجْلِسَ فِيهِ قُلْتُ لِنَافِعٍ الْجُمُعَةَ قَالَ الْجُمُعَةَ وَغَيْرَهَا



860.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Muhammad  -yaitu  Ibnu  Salam-  berkata,  telah mengabarkan kepada kami Makhlad bin Yazid berkata, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij  berkata,  Aku  mendengar  Nafi'  berkata,  Aku  mendengar  Ibnu  'Umar  berkata,  "Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  melarang  seseorang  meminta  kawannya  berdiri  dari  tempat duduknya  lalu dia  menempati tempat duduk tersebut." Aku bertanya  kepada Nafi', "Apakah ini berlaku pada saat shalat Jum'at?" Dia menjawab, "Untuk shalat Jum'at dan yang lainnya."

Bab: Adzan Pada Hari Jum'at

حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَثُرَ النَّاسُ زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ الزَّوْرَاءُ مَوْضِعٌ بِالسُّوقِ بِالْمَدِينَةِ
861.  Telah menceritakan kepada kami Adam berkata,  telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dzi'b dari  Az Zuhri dari As Sa'ib bin Yazid berkata,  "Adzan panggilan  shalat  Jum'at pada mulanya  dilakukan  ketika  imam  sudah  duduk  di  atas  mimbar.  Hal  ini  dipraktekkan  se jak zaman  Nabi shallallahu  'alaihi wasallam,  Abu  Bakar dan 'Umar?  radliallahu  'anhuma. Ketika masa 'Utsman? radliallahu 'anhu  dan  manusia sudah semakin banyak, maka dia  menambah adzan  ketiga  di  Az  Zaura'."  Abu  'Abdullah  berkata,  "Az Zaura' adalah  bangunan  yang ada  di pasar di Kota Madinah."
 
Bab: Muadzin Hanya Satu Pada Hari Ju m'at

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي سَلَمَةَ الْمَاجِشُونُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ أَنَّ الَّذِي زَادَ التَّأْذِينَ الثَّالِثَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حِينَ كَثُرَ أَهْلُ الْمَدِينَةِ وَلَمْ يَكُنْ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُؤَذِّنٌ غَيْرَ وَاحِدٍ وَكَانَ التَّأْذِينُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ يَعْنِي عَلَى الْمِنْبَرِ

862.  Telah menceritakan kepada kami  Abu Nu'aim berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdul 'Aziz bin Abu Salamah Al Majisyun dari Az Zuhri dari As Sa'ib bin Yazid, "Sesungguhnya orang  yang  menambah  adzan  ketiga  pada  shalat  Jum'at  adalah  'Utsman  bin  'Affan? radliallahu  'anhu,  ketika  penduduk  Madinah  semakin  banyak.  Dan  tidak  ada  mu'adzin  bagi Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  kecuali  satu.  Dan  adzan  shalat  Jum'at  dilaksanakan  ketika Imam sudah duduk, yakni duduk di atas mimbar."

Bab: Wajib Bagi Imam Berada di Mimbar Ketika Mendengar Adzan

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ قَالَ سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ وَهُوَ جَالِسٌ عَلَى الْمِنْبَرِ أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ قَالَ مُعَاوِيَةُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَقَالَ مُعَاوِيَةُ وَأَنَا فَقَالَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَقَالَ مُعَاوِيَةُ وَأَنَا فَلَمَّا أَنْ قَضَى التَّأْذِينَ قَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى هَذَا الْمَجْلِسِ حِينَ أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ يَقُولُ مَا سَمِعْتُمْ مِنِّي مِنْ مَقَالَتِي

863.  Telah  menceritakan kepada kami Muhammad bin Muqatil berkata, telah mengabarkan kepada kami  'Abdullah berkata,  telah mengabarkan  kepada kami Abu Bakar  bin 'Utsman bin Sahl  bin  Hunaif dari  Abu  Umamah bin  Sahl bin Hunaif  berkata,  Aku  mendengar Mu'awiyyah bin  Abu  Suyan  ketika  dia  sedang  duduk  di  atas  mimbar  dan  mu'adzan  sedang mengumandangkan  adzan:  'Allahu  Akbar  Allahu  Akbar',  Mu'awiyyah  mengucapkan,  'Allahu Akbar  Allahu  Akbar'.  Ketika  mu'adzin  membaca  'Asyhadu  anlaa  ilaaha  illallah',  Mu'awiyyah dan  aku  mengucapkan  seperti  yang  diucapkan  mu'adzin.  Dan  ketika  mu'adzin  membaca 'Asyhadu  anna  Muhammadar  rasulullah,  '  Mu'awiyyah  dan  aku  mengucapkan  seperti  yang diucapkan  mu'adzin.  Ketika  adzan  sudah  selesai  Mu'awiyyah  berkata,  "Wahai  manusia, sungguh  ketika  adzan dikumandangkan aku pernah  mendengar Rasulullah shallallahu  'alaihi wasallam  mengatakan  dari  tempat  ini  seperti  yang  kalian  dengar  dari  (bacaan)  ucapanku tadi."
 
Bab: Duduk Di atas Mimbar Ketika Adzan Dikumandangkan

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ أَخْبَرَهُ أَنَّ التَّأْذِينَ الثَّانِيَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَمَرَ بِهِ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حِينَ كَثُرَ أَهْلُ الْمَسْجِدِ وَكَانَ التَّأْذِينُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ
864.  Telah  menceritakan kepada  kami Yahya bin Bukair  berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits  dari 'Uqail dari  Ibnu Syihab bahwa As  Sa'ib bin  Yazid mengabarkan  kepadanya, bahwa  adzan  yang  kedua  pada  hari  Jum'at  diperintahkan  oleh  'Utsman  bin  'Affan? radliallahu  'anhu  ketika  penduduk  Madinah  semakin  banyak.  Adapun  sebelumnya,  adzan hari Jum'at dikumandangkan ketika Imam sudah duduk."

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 3

Bab: Mengumandangkan Adzan Ketika Imam Hendak Khuthbah

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ يَقُولُ إِنَّ الْأَذَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَلَمَّا كَانَ فِي خِلَافَةِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَثُرُوا أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالْأَذَانِ الثَّالِثِ فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ فَثَبَتَ الْأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ

865.  Telah  menceritakan kepada kami Muhammad bin Muqatil berkata, telah mengabarkan kepada  kami  'Abdullah  berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami  Yunus  dari  Az  Zuhri berkata, Aku  mendengar As  Sa'ib bin Yazid berkata, "Pada  mulanya adzan  pada hari Jum'at dikumandangkan  ketika  Imam  sudah  duduk  di  atas  mimbar.  Yaitu  apa  yang  biasa dipraktekkan  sejak  zaman  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam,  Abu  Bakar  dan  'Umar? radliallahu 'anhu.  Pada masa  Khilafah 'Utsman  bin  'Affan? radliallahu  'anhu  ketika  manusia sudah  semakin  banyak,  maka  pada  hari  Jum'at  dia  mememerintahkan  adzan  yang  ketiga. Sehingga  dikumandangkanlah  adzan  (ketiga)  tersebut  di  Az  Zaura'.  Kemudian  berlakulah urusan tersebut menjadi ketetapan."

Bab: Khuthbah Di atas Mimbar

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدٍ الْقَارِيُّ الْقُرَشِيُّ الْإِسْكَنْدَرَانِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو حَازِمِ بْنُ دِينَارٍ أَنَّ رِجَالًا أَتَوْا سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ السَّاعِدِيَّ وَقَدْ امْتَرَوْا فِي الْمِنْبَرِ مِمَّ عُودُهُ فَسَأَلُوهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ وَاللَّهِ إِنِّي لَأَعْرِفُ مِمَّا هُوَ وَلَقَدْ رَأَيْتُهُ أَوَّلَ يَوْمٍ وُضِعَ وَأَوَّلَ يَوْمٍ جَلَسَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى فُلَانَةَ امْرَأَةٍ مِنْ الْأَنْصَارِ قَدْ سَمَّاهَا سَهْلٌ مُرِي غُلَامَكِ النَّجَّارَ أَنْ يَعْمَلَ لِي أَعْوَادًا أَجْلِسُ عَلَيْهِنَّ إِذَا كَلَّمْتُ النَّاسَ فَأَمَرَتْهُ فَعَمِلَهَا مِنْ طَرْفَاءِ الْغَابَةِ ثُمَّ جَاءَ بِهَا فَأَرْسَلَتْ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمَرَ بِهَا فَوُضِعَتْ هَا هُنَا ثُمَّ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى عَلَيْهَا وَكَبَّرَ وَهُوَ عَلَيْهَا ثُمَّ رَكَعَ وَهُوَ عَلَيْهَا ثُمَّ نَزَلَ الْقَهْقَرَى فَسَجَدَ فِي أَصْلِ الْمِنْبَرِ ثُمَّ عَادَ فَلَمَّا فَرَغَ أَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا صَنَعْتُ هَذَا لِتَأْتَمُّوا وَلِتَعَلَّمُوا صَلَاتِي

866.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Qutaibah  bin  Sa'id  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Ya'qub  bin  'Abdurrahman  bin  Muhammad  bin  'Abdullah  bin  'Abdul  Qari  Al Qurasyi Al Iskandarani berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Hazim bin Dinar bahwa ada  orang-orang  mendatangi  Sahl  bin  Sa'd  As  Sa'idi  yang  berdebat  tentang  mimbar  dan bahan membuatnya? Mereka menanyakan hal itu kepadanya. Sahl lalu berkata, "Demi Allah, akulah  orang  yang  paling  mengerti  tentang  masalah  ini.  Sungguh  aku  telah  melihat  hari pertama  mimbar  tersebut  dipasang  dan  hari  saat  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam duduk  di  atasnya.  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  mengutus  orang  untuk  menemui seorang  wanita  Anshar,  yang  namanya  sudah  disebutkan  oleh  Sahl,  Sahl  lalu  berkata, "Perintahkanlah  budak  lelakimu  yang  tukang  kayu  itu  untuk  membuat  mimbar  bertangga, sehingga  saat  berbicara  dengan orang banyak  aku  bisa  duduk  di  atasnya."  Maka  kemudian wanita  itu memerintahkan budak lelakinya membuat mimbar yang terbuat dari  batang kayu hutan. Setelah diberikan kepada wanita itu, lalu itu mengirimnya untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi  wasallam.  Maka  Beliau  memerintahkan  orang  untuk  meletakkan  mimbar tersebut  di sini.  Lalu  aku  melihat  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  shalat  diatasnya.  Beliau bertakbir  dalam  posisi  di  atas  mimbar  lalu  rukuk  dalam  posisi  masih  di  atas  mimbar. Kemudian  Beliau  turun dengan mundur  ke belakang,  lalu sujud di  dasar  mimbar, kemudian Beliau  mengulangi  lagi  (hingga  shalat  selesai).  Setelah  selesai,  beliau  menghadap  kepada orang  banyak  lalu  bersabda:  "Wahai  sekalian  manusia,  sesungguhnya  aku  berbuat  seperti tadi  agar  kalian  mengikuti  dan  agar  kalian  dapat  mengambil  pelajaran  tentang  tata  cara shalatku."

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ أَنَسٍ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ جِذْعٌ يَقُومُ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا وُضِعَ لَهُ الْمِنْبَرُ سَمِعْنَا لِلْجِذْعِ مِثْلَ أَصْوَاتِ الْعِشَارِ حَتَّى نَزَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهِ قَالَ سُلَيْمَانُ عَنْ يَحْيَى أَخْبَرَنِي حَفْصُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ

867.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Sa'id  bin  Abu  Maryam  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Muhammad  bin  Ja'far  berkata,  telah  mengabarkan  kepadaku  Yahya  bin  Sa'id berkata,  telah  mengabarkan  kepada  kami  Ibnu  Anas  bahwa  dia  mendengar  Jabir  bin 'Abdullah  berkata,  "Pada  mulanya  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  menggunakan  batang kayu  sebagai  tongkat  yang  biasa  beliau  gunakan  untuk  bersandar.  Ketika  sudah  dibuatkan mimbar untuk Beliau, kami mendengar sesuatu dari batang kayu tersebut seperti suara unta hendak  beranak,  hingga  akhirnya  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  turun  lalu  meletakkan tangan  Beliau  pada  kayu  tersebut."  Sulaiman  berkata,  dari  Yahya  berkata,  telah mengabarkan kepadaku Hafsh bin 'Ubaidullah  bin Anas  bahwa  dia mendengar dari  Jabir  bin 'Abdullah."

حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ عَلَى الْمِنْبَرِ فَقَالَ مَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ

868.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Adam  bin  Abu  Iyas  berkata,  telah  menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dzi'b dari Az Zuhri dari Salim  dari Bapaknya berkata, "Aku mendengar Nabi shallallahu  'alaihi wasallam bersabda saat  sedang berkhuthbah di  atas  mimbar:  "Siapa yang mendatangi shalat Jum'at, hendaklah dia mandi."

Bab: Khuthbah Sambil Berdiri

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ قَائِمًا ثُمَّ يَقْعُدُ ثُمَّ يَقُومُ كَمَا تَفْعَلُونَ الْآنَ

869.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Ubaidullah  bin  'Umar  Al  Qawariri  berkata,  telah menceritakan  kepada  kami  Khalid  bin  Al  Harits  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami 'Ubaidullah  bin  'Umar  dari Nafi'  dari Ibnu 'Umar  radliallahu  'anhuma,  ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkhuthbah sambil berdiri, kemudian duduk lalu berdiri kembali seperti yang kalian lakukan di zaman sekarang ini."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 4

0 komentar:

Posting Komentar