Kumpulan Artikel Islam dari berbagai sumber, sampaikan walau satu Ayat

Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 8

Kitab:Jum'at

Hadist Islam - Bab: Makan pada Hari Raya Adlha (Qurban)


حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَلْيُعِدْ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ هَذَا يَوْمٌ يُشْتَهَى فِيهِ اللَّحْمُ وَذَكَرَ مِنْ جِيرَانِهِ فَكَأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَّقَهُ قَالَ وَعِنْدِي جَذَعَةٌ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ شَاتَيْ لَحْمٍ فَرَخَّصَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا أَدْرِي أَبَلَغَتْ الرُّخْصَةُ مَنْ سِوَاهُ أَمْ لَا

901.  Telah menceritakan  kepada kami Musaddad berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Isma'il  dari  Ayyub  dari  Muhammad  bin  Sirin  dari  Anas  berkata,  "Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam  bersabda:  "Barangsiapa  menyembelih  sebelum  shalat  hendaklah  dia mengulanginya." Lalu berdirilah seorang laki-laki seraya berkata, "Ini adalah hari yang daging sangat  diharap."  Laki-laki  itu  kemudian  menyebut-nyebut  tentang  tetangga-tetangganya, dan  seakan  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  membenarkan  orang  itu.  Lelaki  itu  berkata, "Sungguh  aku  berkurban  dengan  seekor  jadza'ah  lebih  aku  sukai  dari  dua  ekor  kambing." Maka  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  memberikan  keringanan  buat  orang  tersebut.  Aku (Anas) tidak tahu apakah keringanan itu juga berlaku untuk yang lain atau tidak."

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ قَالَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ خَطَبَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْأَضْحَى بَعْدَ الصَّلَاةِ فَقَالَ مَنْ صَلَّى صَلَاتَنَا وَنَسَكَ نُسُكَنَا فَقَدْ أَصَابَ النُّسُكَ وَمَنْ نَسَكَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَإِنَّهُ قَبْلَ الصَّلَاةِ وَلَا نُسُكَ لَهُ فَقَالَ أَبُو بُرْدَةَ بْنُ نِيَارٍ خَالُ الْبَرَاءِ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَإِنِّي نَسَكْتُ شَاتِي قَبْلَ الصَّلَاةِ وَعَرَفْتُ أَنَّ الْيَوْمَ يَوْمُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَأَحْبَبْتُ أَنْ تَكُونَ شَاتِي أَوَّلَ مَا يُذْبَحُ فِي بَيْتِي فَذَبَحْتُ شَاتِي وَتَغَدَّيْتُ قَبْلَ أَنْ آتِيَ الصَّلَاةَ قَالَ شَاتُكَ شَاةُ لَحْمٍ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَإِنَّ عِنْدَنَا عَنَاقًا لَنَا جَذَعَةً هِيَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ شَاتَيْنِ أَفَتَجْزِي عَنِّي قَالَ نَعَمْ وَلَنْ تَجْزِيَ عَنْ أَحَدٍ بَعْدَكَ

902.  Telah  menceritakan  kepada  kami  'Utsman  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Jarir  dari Manshur  dari Asy  Sya'bi  dari  Al Bara'  bin  'Azib  radliallahu  'anhu,  ia  berkata,  "Nabi shallallahu  'alaihi  wasallam  menyampaikan  khutbah  pada  hari  Raya  Qurban  ('Iedul  Adlha) setelah  melaksankan  shalat.  Beliau  bersabda:  "Barangsiapa  melaksanakan  shalat  seperti shalat  kami dan  melaksanakan  manasik  seperti manasik kami maka dia  telah  melaksanakan manasik  (menyembelih  kurban).  Dan  barangsiapa  menyembelih  kurban  sebelum  shalat berarti  dia  malaksanakannya  sebelum  shalat,  dan  berarti  dia  belum  melaksanakan  manasik (berkurban)."  Abu  Burdah bin Niyar,  paman  Al  Bara',  berkata,  "Wahai  Rasulullah, aku  telah menyembelih dua ekor kambing sebelum shalat, dan yang aku ketahui bahwa hari ini adalah hari kita bergembira dengan makan dan minum. Dan aku menyukai bila dua ekor kambingku itu  menjadi  yang pertama  disembelih  di  rumahku  lalu  aku memasaknya  dan  menikmatinya sebelum  aku  berangkat  untuk  shalat!"  Beliau  bersabda:  "Kambingmu  setatusnya  adalah kambing  yang  disembelih  untuk  diambil  dagingnya  (bukan  daging  kurban)."  Laki-laki  itu berkata lagi, "Wahai Rasulullah, kami masih memiliki anak kambing yang dia lebih kami cintai dari dua ekor kambing tadi. Apakah aku dibolehkan berkurban dengannya?" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Ya. Akan tetapi tidak boleh untuk seorangpun setelah kamu."

Bab: Keluar Menuju Tempat Shalat Hari Raya Yang Tidak Ada Mimbarnya

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ فَلَمْ يَزَلْ النَّاسُ عَلَى ذَلِكَ حَتَّى خَرَجْتُ مَعَ مَرْوَانَ وَهُوَ أَمِيرُ الْمَدِينَةِ فِي أَضْحًى أَوْ فِطْرٍ فَلَمَّا أَتَيْنَا الْمُصَلَّى إِذَا مِنْبَرٌ بَنَاهُ كَثِيرُ بْنُ الصَّلْتِ فَإِذَا مَرْوَانُ يُرِيدُ أَنْ يَرْتَقِيَهُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَجَبَذْتُ بِثَوْبِهِ فَجَبَذَنِي فَارْتَفَعَ فَخَطَبَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَقُلْتُ لَهُ غَيَّرْتُمْ وَاللَّهِ فَقَالَ أَبَا سَعِيدٍ قَدْ ذَهَبَ مَا تَعْلَمُ فَقُلْتُ مَا أَعْلَمُ وَاللَّهِ خَيْرٌ مِمَّا لَا أَعْلَمُ فَقَالَ إِنَّ النَّاسَ لَمْ يَكُونُوا يَجْلِسُونَ لَنَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَجَعَلْتُهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ

903.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Sa'id  bin  Abu  Maryam  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Muhammad  bin  Ja'far  berkata,  telah  menceritakan  kepadaku  Zaid  bin  Aslam dari  'Iyadl  bin 'Abdullah bin  Abu Sarah dari  Abu Sa'id  Al  Khudri berkata, "Pada  hari  raya Idul Firi  dan  Adlha  Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  keluar  menuju  tempat  shalat (lapangan),  dan  pertama  kali  yang  beliau  kerjakan  adalah  shalat  hingga  selesai.  Kemudian beliau berdiri menghadap  orang banyak sedangkan mereka dalam keadaan duduk di barisan mereka. Beliau memberi pengajaran, wasiat dan memerintahkan mereka. Dan apabila beliau ingin  mengutus  pasukan,  maka  beliau  sampaikan  atau  beliau  perintahkan  (untuk mempersiapkannya), setelah  itu beliau berlalu pergi."  Abu Sa'id  Al  Khudri berkata, "Manusia senantiasa  melaksanakan  (tata  cara  shalat  hari  raya)  seperti  apa  yang  beliau  laksanakan, hingga pada suatu hari aku  keluar bersama Marwan  -yang saat itu sebagai Amir di Madinah- pada hari raya Adlha atau Fithri. Ketika kami sampai di tempat shalat, ternyata di sana sudah ada  mimbar  yang  dibuat  oleh  Katsir bin  Ash  Shalt. Ketika Marwan  hendak  menaiki  mimbar sebelum  pelaksanaan  shalat,  aku  tarik  pakaiannya  dan  dia  balik  menariknya,  kemudian  ia naik  dan khuthbah  sebelum  shalat.  Maka  aku  katakan  kepadanya, "Demi  Allah,  kamu  telah merubah  (sunnah)!"  Lalu  dia  menjawab,  "Wahai  Abu  Sa'id.  Apa  yang  engkau  ketahui  itu telah berlalu." Aku katakan, "Demi Allah, apa yang aku ketahui lebih baik dari apa yang tidak aku  ketahui."  Lalu  dia  berkata,  "Sesungguhnya  orang-orang  tidak  akan  duduk (mendengarkan khutbah kami) setelah shalat. Maka aku buat (khutbah) sebelum shalat."

Bab:  Berjalan  Kaki  atau  Berkendaraan  Menuju  Shalat  Hari  Raya  dan  Shalat Dilaksanakan Sebelum Khuthbah Tanpa Adzan dan Iqamah

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي الْأَضْحَى وَالْفِطْرِ ثُمَّ يَخْطُبُ بَعْدَ الصَّلَاةِ
904.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ibrahim  bin  Al  Mundzir  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Anas  bin  'Iyadl  dari  'Ubaidullah  dari  Nafi'  dari  'Abdullah  bin  'Umar  bahwa Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  melaksanakan  shalat  'Idul  Adlha  dan  'Idul  Fitri kemudian berkhutbah setelah shalat."

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ أَنَّ ابْنَ جُرَيْجٍ أَخْبَرَهُمْ قَالَ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُولُ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْفِطْرِ فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

905. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa berkata, telah mengabarkan kepada kami  Hisyam  bahwa  Ibnu  Juraij  telah  mengabarkan  kepada  mereka,  ia  berkata;  telah mengabarkan  kepadaku 'Atha' dari  Jabir  bin  'Abdullah berkata,  Aku mendengarnya berkata, "Rasulullah  shallallahu 'alaihi  wasallam  keluar  pada  hari Raya  'Idul  Fitri, beliau  memulainya dengan shalat kemudian khutbah."

قَالَ وَأَخْبَرَنِي عَطَاءٌ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ أَرْسَلَ إِلَى ابْنِ الزُّبَيْرِ فِي أَوَّلِ مَا بُويِعَ لَهُ إِنَّهُ لَمْ يَكُنْ يُؤَذَّنُ بِالصَّلَاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ إِنَّمَا الْخُطْبَةُ بَعْدَ الصَّلَاةِ

906.  (Masih  dari  jalur  periwayatan  yang  sama  dengan  hadits  sebelumnya)  perawi  berkata, telah  menceritakan  kepadaku  'Atha'  bahwa  Ibnu  'Abbas  menyampaikan  kepada  Ibnu  Az Zubair pada awal dia dibai'at sebagai khalifah, bahwa tidak ada adzan dalam shalat Hari Raya 'Idul  Fithri  (di  zaman  Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam),  dan  bahwasanya  khutbah dilaksanakan setelah shalat."

و أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَعَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَا لَمْ يَكُنْ يُؤَذَّنُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَلَا يَوْمَ الْأَضْحَى

907.  (Masih  dari  jalur  periwayatan  yang  sama  dengan  hadits  sebelumnya),  telah mengabarkan  kepadaku  'Atha'  dari  Ibnu  'Abbas,  dan  dari  Jabir  bin  'Abdullah  keduanya berkata, "Dalam shalat Idul Fitri dan Idul Adlha tidak ada adzan."

وَعَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُولُ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ ثُمَّ خَطَبَ النَّاسَ بَعْدُ فَلَمَّا فَرَغَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَزَلَ فَأَتَى النِّسَاءَ فَذَكَّرَهُنَّ وَهُوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلَالٍ وَبِلَالٌ بَاسِطٌ ثَوْبَهُ يُلْقِي فِيهِ النِّسَاءُ صَدَقَةً قُلْتُ لِعَطَاءٍ أَتَرَى حَقًّا عَلَى الْإِمَامِ الْآنَ أَنْ يَأْتِيَ النِّسَاءَ فَيُذَكِّرَهُنَّ حِينَ يَفْرُغُ قَالَ إِنَّ ذَلِكَ لَحَقٌّ عَلَيْهِمْ وَمَا لَهُمْ أَنْ لَا يَفْعَلُوا

908.  Dan  (masih  dari jalur periwayatan yang sama dengan  hadits  sebelumnya)  dari Jabir bin 'Abdullah  ia  berkata,  aku  mendengarnya  berkata,  "Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  berdiri dan memulai dengan  shalat, kemudian berkhutbah di  hadapan manusia setelahnya. Setelah Nabi  shallallahu  'alaihi  wasallam  selesai,  beliau  mendatangi  tempat  jama'ah  wanita  dan mengingatkan  mereka.  Beliau  menyandar  pada  tangan  Bilal,  sementara  Bilal  sendiri membentangkan kain miliknya dimana para wanita  memasukkan  sedekahnya ke  dalam kain tersebut." Aku  (perawi)  bertanya  kepada  'Atha,  "Bagaimana  menurutmu  apakah  boleh  jika sekarang Imam  mendatangi  para wanita  untuk memberi peringatan  kepada  mereka  setelah selesai dari khutbah?" 'Atha menjawab, "Itu  adalah hak mereka, dan mengapa mereka tidak diperbolehkan melakukannya?"

Baca : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 7

Bab: Khuthbah Disampaikan Setelah Shalat Hari Raya

حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ شَهِدْتُ الْعِيدَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَكُلُّهُمْ كَانُوا يُصَلُّونَ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

909.  Telah  menceritakan kepada  kami Abu 'Ashim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij berkata, telah mengabarkan kepadaku Al Hasan bin Muslim dari Thawus dari Ibnu 'Abbas  berkata,  "Aku  menghadiri  shalat  Hari  Raya  bersama  Rasulullah  shallallahu  'alaihi wasallam,  Abu  Bakar,  'Umar  dan  'Utsman?  radliallahu  'anhum,  bahwa  mereka  semua melaksanakan shalat sebelum khutbah."

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُصَلُّونَ الْعِيدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

910.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Ya'qub  bin  Ibrahim  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Abu  Usamah  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami  'Ubaidullah  dari  Nafi' dari  Ibnu  'Umar  berkata,  "Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam,  Abu  Bakar,  dan  'Umar? radliallahu 'anhu mereka melaksanakan shalat dua Hari Raya sebelum khutbah."

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى يَوْمَ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُصَلِّ قَبْلَهَا وَلَا بَعْدَهَا ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ وَمَعَهُ بِلَالٌ فَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ فَجَعَلْنَ يُلْقِينَ تُلْقِي الْمَرْأَةُ خُرْصَهَا وَسِخَابَهَا

911.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Sulaiman  bin  Harb  berkata,  telah  menceritakan kepada  kami  Syu'bah  dari  'Adi  bin  Tsabit  dari  Sa'id  bin  Jubair  dari  Ibnu  'Abbas,  bahwa Rasulullah  shallallahu  'alaihi  wasallam  melaksanakan  shalat  Hari  Raya  'Idul  Fitri  dua  rakaat dan  tidak  shalat  sebelum  atau  sesudahnya.  Kemudian  beliau  mendatangi  para  wanita  dan memerintahkan  mereka untuk bersedekah.  Maka  para  wanita memberikan  sedekah  hingga ada seorang wanita yang memberikan anting dan kalungnya."

حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ حَدَّثَنَا زُبَيْدٌ قَالَ سَمِعْتُ الشَّعْبِيَّ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبْدَأُ فِي يَوْمِنَا هَذَا أَنْ نُصَلِّيَ ثُمَّ نَرْجِعَ فَنَنْحَرَ فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَدْ أَصَابَ سُنَّتَنَا وَمَنْ نَحَرَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَإِنَّمَا هُوَ لَحْمٌ قَدَّمَهُ لِأَهْلِهِ لَيْسَ مِنْ النُّسْكِ فِي شَيْءٍ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْأَنْصَارِ يُقَالُ لَهُ أَبُو بُرْدَةَ بْنُ نِيَارٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَبَحْتُ وَعِنْدِي جَذَعَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُسِنَّةٍ فَقَالَ اجْعَلْهُ مَكَانَهُ وَلَنْ تُوفِيَ أَوْ تَجْزِيَ عَنْ أَحَدٍ بَعْدَكَ

912.  Telah  menceritakan  kepada  kami  Adam  berkata,  telah  menceritakan  kepada  kami Syu'bah berkata, telah menceritakan kepada kami Zubaid berkata, aku mendengar Asy Sya'bi dari  Al  Bara'  bin  'Azib  berkata,  "Nabi  shallallahu  'alaihi wasallam  bersabda:  "Sesungguhnya yang pertama kali kami lakukan pada hari  Raya ini adalah shalat. Kemudian kami pulang dan menyembelih  kurban.  Maka  barangsiapa  mengerjakan  seperti  itu  berarti  dia  telah memenuhi sunnah kami. Dan barangsiapa menyembelih kurban sebelum pelaksanaan shalat 'Ied, maka itu hanyalah daging yang dipersembahkan untuk keluarganya dan tidak sedikitpun mendapatkan  (pahala)  ibadah  kurban."  Tiba-tiba  ada  seorang  lelaki  Anshar  yang  dipanggil dengan  nama  Abu  Burdah  bin  Niyar  berkata,  "Wahai  Rasulullah,  aku  telah  menyembelih hewan dan aku masih memiliki anak unta  yang lebih  baik dari  unta yang  lebih besar." Maka beliau  bersabda:  "Jadikanlah  ia  sebagai  pengganti  dari  apa  yang  telah  kamu  sembelih sebelum  shalat,  dan  kamu  akan  mendapatkan  bagian  pahala  yang  cukup  yang  tidak  akan didapati oleh orang selainmu."
loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Shahih Bukhari Bab Jum'at Arab dan Artinya Bagian 8

0 komentar:

Posting Komentar